Bacaan Doa Minta Hujan Supaya Turun Agar Tidak Kekeringan, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Berdoa supaya meminta hujan agar tidak kekeringan"

Life | 01 September 2022, 11:56
Bacaan Doa Minta Hujan Supaya Turun Agar Tidak Kekeringan, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Hujan merupakan bentuk rahmat besar dari Allah SWT untuk makhluk hidup yang tinggal di bumi. Kehadirannya membawa berkah. Seperti menumbuhkan tumbuhan, menyenangkan para hewan untuk mendapatkan kesegaran dan ketenangannya. Juga khususnya manusia sendiri. Yang bisa memanfaatkan dengan baik saat hujan turun tersebut.

Namun terkadang di saat musim yang begitu kemarau, hujan tak kunjung turun dan menyebabkan kekeringan di mana-mana. Hal itu juga berdampak pada pertanian, perkebunan dan yang lainnya. Yang tanaman tidak tumbuh dengan baik, mengering atau gagal panen lantaran mengering hingga hampir mati karena layu, akibat panas atau kekeringan.
Daun.id

sumber: pixabay.com

Hal itu juga bisa diatasi tak hanya dengan mencari sumber mata air untuk dialirkan ke tempat-tempat yang kering. Melainkan melalui berdoa meminta hujan supaya diturunkan. Agar cuaca panas yang ekstrim tidak merusak tanaman. Berikut ini doanya:

1. Doa Untuk Minta Hujan

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

ALLAAHUMMASQINAA GHAITSAA MUGHIITSAA MARII’AN MARII’AN, NAAFI’AN GHAIRP DHOORRIN, ‘AAJILAN GHOIRA AAJILIN

“Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” (HR. Abu Dawud: 1/303, dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud: 1/216)

2. Doa Untuk Minta Hujan dengan Lafadz Lebih Pendek

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

ALLAAHUMMA AGHITSNAA, ALLAAHUMMA AGHITSNAA, ALLAAHUMMA AGHITSNAA

“Ya Allah! Berilah kami hujan. Ya Allah, turunkan hujan pada kami. Ya Allah! Hujanilah kami,” (HR. Bukhari: 1/224 dan Muslim: 2/613)

3. Doa Kurab

Doa Kurab yang merupakan doa saat berada dalam kesusahan. Kala itu, Rasulullah tengah menghadapi kekeringan dan meminta pertolongan Allah SWT untuk menurunkan hujan, sehingga membaca doa meminta turun hujan atau doa istisqa. Sebelum membaca doa istisqa, Rasulullah terlebih dahulu membaca doa kurab. Hal ini tercantum dalam riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:
Daun.id

sumber: pixabay.com

اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

Lā ilāha illallāhul ‘azhīmul halīmu, lā ilāha illallāhu rabbul ‘arsyil ‘azhīmi, lā ilāha illallāhu rabus samāwāti wa rabbul ardhi wa rabbul ‘arsyil karīmi.

“Tiada Tuhan selain Allah yang agung dan santun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Arasy yang megah. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, bumi, dan Arasy yang mulia.”

4. Doa untuk meminta hujan merata di tengah paceklik

Doa untuk meminta hujan merata dan abadi di tengah paceklik di berbagai daerah yang berimbas kepada kesulitan ekonomi, yang berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ

Allāhumma inna bil ‘ibādi wal bilādi wal bahā’imi wal khalqi minal balā’i wal juhdi wad dhanki mā lā nasykū illā ilaika.

“Ya Allah, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik, dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu .”

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya