Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Ketahui Sistematikanya

"Berikut ini adalah cara membuat makalah yang baik dan benar, ikuti langkah-langkahnya."

Life | 07 September 2022, 17:35
Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Ketahui Sistematikanya

Artikel ini dibuat untuk kamu yang sedang ingin belajar membuat makalah. Saat di sekolah atau di kampus, pasti kamu sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah.

Biasanya kalo pertama kali membuat makalah, masalah yang sering kamu alami adalah kesulitan menyusun kata,  terkadang juga tidak mudah untuk mengingat isi urutan bab pada makalah. 

Untuk dapat membuat makalah yang baik dan benar, kamu perlu memahami banyak hal terkait dengan makalah, mulai dari mengerti apa itu makalah, ciri-ciri makalah, jenis makalah hingga pada cara membuat makalah.

Apa Itu Makalah?

Daun.id

pexels.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah memiliki dua arti. Yang pertama makalah didefinisikan sebagai ebagai tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

Yang kedua didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.


Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenis Makalah

Untuk dapat memahami makalah dengan baik dan benar, kamu harus mengetahui ciri-ciri, fungsi dan juga jenis makalah.

Ciri-Ciri Makalah
Berikut ini adalah ciri-ciri makalah. Pemilihan atau penetapan masalah yang dikatakan baik dalam penelitian perlu menjadi pertimbangan peneliti. Masalah dapat dikatakan baik jika memiliki:

- Kontribusi
Salah satu ciri masalah yang baik adalah dapat memberi kontribusi kepada beberapa aspek, antara lain: pengembangan teori baru, perbaikan metode, manfaat dan implikasi aplikatif.

- Orisinalitas
Bukan merupakan pengulangan terhadap penelitian lain, seperti: masalah yang diteliti, kerangka konsep dan pendekatan.

- Pernyataan Permasalahan
Maksud dari pernyataan permasalahan yaitu: pernyataan penelitian dan gambaran asosiasi dua atau lebih fenomena terukur.

- Aspek Kelayakan (Feasibility)
Ciri-ciri makalah dianggap layak diantaranya adalah: dapat dijawab, pertimbangan waktu dan biaya, tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, daya dukung fasilitas dan sumber daya lain.

Fungsi Makalah
Makalah yang kamu buat memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah fungsi dari makalah:

- Untuk melatih kamu agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat.

- Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoretis maupun konsep praktis.

- Memperluas wawasan keilmuan kamu.

- Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Jenis Makalah
Makalah memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis makalah yang perlu kamu ketahui:

- Makalah deduktif adalah makalah yang berdasarkan kajian teori yang relevan dengan masalah yang dibahas.

- Makalah induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif dalam hal apa saja yang diperoleh di lapangan tetapi masih relevan dengan pembahasan.

- Makalah campuran adalah makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian teori dan data empiris. Bisa dibilang, makalah campuran ini adalah kombinasi antara makalah deduktif dan induktif.


Struktur Makalah

Daun.id

pexels.com

Sebelum menggarap makalah simak lebih dulu seperti beberapa kelengkapan struktur-struktur makalah yang wajib banget ada di dalam penyusunan makalahmu nanti.

- Cover/Sampul Makalah
Cover adalah sampul dari makalah terdiri atas judul logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit.

- Kata pengantar
Kata pengantar merupakan kata-kata agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah yang kamu buat dan berisikan sambutan atau ucapan syukur karena telah menyelesaikan  makalah tersebut  terselesaikan dengan baik .

- Daftar isi
Daftar isi adalah sebuah halaman yang memuat informasi halaman dari isi makalah yang kamu buat. Fungsianya adalah untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu.

- Bab I : Pendahuluan
DI bagian pendahuluan biasanya terdiri atas 3 sub-bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang harus ditulis dengan jelas dan mudah dimengerti, selain memuat jawaban dari sebuah pertanyaan, latar belakang juga harus memuat data-data atau fakta yang mendukung.

Dalam rumusan masalah, kamu bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang nantinya akan kamu jelaskan di bagian pembahasan nanti. Pada tujuan, kamu bisa menuliskannya secara singkat dan menggambarkan secara jelas manfaat dari makalah yang kamu buat.

- Bab II : Pembahasan
Pembahasan adalah bagian yang utama dan paling penting dari sebuah makalah. Pembahasan ini memuat uraian pokok dari permasalahan yang akan kamu bahas.

Bagian pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan membuat makalah. Biasanya pembahasan mencakup tentang landasan teori uraian materi, solusi dan penyelesaian dari suatu permasalahan.

- Bab III : Penutup
Di bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisikan tentang ringkasan dari hasil pembahasan rumusan makalah. Pada bagian ini, kamu bisa mengambil poin penting pada setiap bagian sebelumnya untuk menghasilkan sebuah kesimpulan.

Saran dalam makalah yang ditujukan untuk si penulis. Saran dapat berisikan harapan kamu sebagai penulis agar makalah yang kamu buat bisa bermanfaat untuk pembaca. Berikut adalah contoh kesimpulan dan saran.

- Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisikan daftar referensi yang kamu pakai sebagai sumber atau bahan penelitian di dalam penulisan makalah. Referensinya bisa dari buku, jurnal, atau informasi valid yang kamu dapatkan dari internet maupun dari perpustakaan.


Sistematika Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar

Jika kamu ingin membuat makalah dengan baik dan benar, kamu harus membuatnya secara sistematis dan terukur. Berikut ini cara membuat makalah sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menyelesaikan tugas.

Menentukan Tema
Untuk membuat makalah, hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat makalah adalah menentukan tema yang ingin kamu bahas. Kamu harus tahu lebih dulu apa tema yang kamu inginkan dan menarik untuk dibahas. Penentuan tema sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam membuat suatu makalah dan proses pengerjaannya.

Menentukan Judul
Setelah kamu menentukan tema, selanjutnya adalah menentukan judul untuk makalah yang dibuat. Buatlah judul yang menarik, spesifik, dan jelas. Ini bertujuan supaya judul makalah kamu dapat mewakili pokok pembahasan pada makalah dan penyusunan makalah hanya fokus pada topik pembahasan tersebut.

Kumpulkan Bahan Referensi
Usahakan kamu mengumpulkan dulu bahan referensi dan menggunakan referensi dari sumber yang jelas untuk membuat makalah. Kamu bisa dapatkan bahan referensi dari berbagai jenis jurnal, buku, artikel yang ada di internet. Khusus untuk artikel internet, pastikan sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Tujuanya adalah untuk menjaga kredibilitas penulisan makalahmu.

Baca Banyak Referensi
Sebelum kamu memulai penulisan makalah, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu beberapa makalah dari berbagai sumber yang memiliki kesamaan tema denganmu. Hal ini bisa menguntungkanmu untuk mendapatkan gambaran seperti apa penulisan makalahmu nanti. Tapi, kamu harus ingat juga untuk membatasi jumlah makalah yang kamu baca supaya tidak menghilangkan fokus utama pada topik pembahasanmu.

Tulis Makalah dengan Sistematis

Mulailah menulis dari bagian pendahuluan dan selesai di bagian kesimpulan secara jelas. Jangan melenceng dalam penulisan makalah, hal tersbut akan membuat ketidakjelasan topik yang kamu bahas. Manfaatkan referensi yang kamu dapatkan sebelumnya dalam pembuatan makalahmu. Dengan begitu, hasil pembahasan dari makalahmu bisa dipertanggungjawabkan.

Penambahan Kutipan
Dalam isi pembahasan makalah, sering kali membutuhkan sebuah kutipan untuk memperkuat data yang kamu dapatkan. Kutipan terdiri dari dua jenis, yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan langsung adalah tulisan yang dibuat sama persis dengan aslinya, tanpa diubah sedikitpun. Sedangkan kutipan tidak langsung adalah kamu sebagai penulis makalah memotong bagian tertentu dari sumber dan dicampurkan dengan pendapatmu sendiri.

Sunting Kakalah
Sunting dulu makalahmu apakah sudah sesuai dengan struktur makalah yang sudah ada atau belum. Periksa juga setiap tulisannya jangan sampai ada kesalahan dalam pengejaan, tanda baca, dan bahasa yang digunakan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya