Cerita Dokter Periksa PSK Terinfeksi HIV AIDS, Mengerikan

"Lebih berhati-hati"

Life | 09 September 2022, 12:40
Cerita Dokter Periksa PSK Terinfeksi HIV AIDS, Mengerikan

Faktor utama yang bikin orang sungkan untuk melakukan tes HIV/AIDS karena stigma terhadap orang yang hidup dengan HIV. Ada rasa malu untuk memulai pengobatan dan ketidakmauan untk belajar terkait HIV/AIDS yang menjadi faktor kunci dari ketidaktahuan masyarakat tentang HIV.

Tak sedikit yang mengabaikan penyakit ini dengan dalih faktor lingkungan dan ekonomi. Baru-baru ini beredar video viral yang diunggah oleh akun TikTok @dr.intanrachmita. Ia adalah seorang dokter yang menceritakan pengalamannya saat bertugas menjadi pendeteksi HIV.

@dr.intanrachmita ‼️‼️‼️ #fypシ #foryourpage #samasamabelajar #serunyabelajar #fyp #viralditiktok ♬ Amityville Horror - Scary Halloween Sound Effects - Halloween Sound Effects

"Pada saat aku melakukan kunjungan atau skrining HIV pada salah satu populasi kunci PSK, ternyata dari 15 orang PSK di panti itu aku cek dua diantaranya positif HIV/AIDS. Bahkan yang paling menyeramkan adalah mereka positif belum berobat dan tetap melayani klien. KAdang mereka melayani klien itu tidak menggunakan kondom," kata dokter dalam video tersebut.

"Terus salah satu yang positif HIV/AIDS juga positif sifilis, jadi biasa kita lakukan skrining HIV, skrining sifilis, skrining hepatitis B. Bisa dibayangkan berapa banyak klien yang tertular penyakit tersebut?," tambahnya

Dokter tersebut turut mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati, sebab orang yang terinfeksi umumnya tidak memiliki gejala dan seperti orang sehat.

Komentar Netizen

"Apalagi yg suka jajan trs dia jg punya istri dirumah, kasian istrinya gasih?" tulis akun @mamanisa2596

"Fix kalo nikah harus cek kesehatan dulu" tambah akun @dyaaahhhp12

"Pentingnya periksa kesehatan sebelum menikah, biar tau pasangan kita nanti" @ariesgirlpeach

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya