Cara Membuat NFT Sendiri dan Cara Menjualnya

"Berikut ini adalah cara membuat NFT dan cara menjualnya di Pasar NFT."

Life | 12 September 2022, 07:10
Cara Membuat NFT Sendiri dan Cara Menjualnya

NFT sempat jadi perbincangan hangat di media sosial akhir-akhir ini, hal tersebut adalah karena asetnya yang menjanjikan.

NFT alias non-fungible token merupakan aset digital yang terhubung dengan sistem besar blockchain. NFT berwujud karya seni seperti lukisan, desain 3D, animasi, musik, item in-game, hingga benda lain yang dianggap memiliki nilai dan dapat dikoleksi.

NFT dan mata uang kripto (cryptocurrency) memiliki kesamaan, yaitu sama-sama merupakan aset di digital blockchain. Perbedaannya adalah, mata uang kripto sudah pasti punya nilai yang sama dan bisa ditukar dengan uang.

Sedangkan NFT tidak bisa diperjualbelikan dengan mata uang biasa. NFT hanya dapat diperjualbelikan dengan mata uang kripto.

NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi barang satu-satunya, sehingga keaslian karya seni tersebut bisa diverifikasi dan mudah diperdagangkan melalui blockchain. NFT lebih tepat disebut sebagai alat verifikasi atau token yang berwujud sertifikat kepemilikan atas aset-aset tersebut.

Cara Membuat NFT

Daun.id

istimewa

Untuk dapat membuat NFT, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Berikut ini adalah cara membuat NFT.

1. Pilih Item yang Hendak Dijadikan NFT
Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membuat NFT adalah dengan mulai mencari aset-aset unik yang layak untuk dijadikan NFT.

Lalu apa saja yang bisa dijadikan NFT?

NFT bisa berupa dari karya seni seperti foto, musik, video game, bahkan hingga koleksi meme, GIF, atau bahkan tuitan. Selain itu, pastikan kamu juga sudah memiliki hak kekayaan intelektual atas barang-barang pribadimu sebelum mengubahnya menjadi NFT.

Hal tersebut agar kamu tidak akan mendapat permasalahan hukum dan legalitas yang berkaitan dengan barang tersebut.

2. Tentukan Blockchain Pilihanmu
Aset kripto seperti NFT tidak akan pernah bisa dilepaskan dari blockchain, mengingat sistem blockchain ini adalah pusat bagi dinamika fluktuatif dunia kriptografi.

Bagi kamu yang belum tau tentang blockchain. Blockchain adalah suatu sistem penyimpanan data digital yang menjadi dasar perkembangan mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum, maupun bentuk aset kripto lain.

Pada umumnya, kebanyakan pemilik dan para seniman menggunakan Ethereum sebagai sistem blockchain mereka karena diklaim harganya paling stabil dan didukung oleh NFT marketplace.

3. Pilih Dompet Kripto
Selanjutnya kamu sudah harus memiliki dompet Kripto. Alasannya adalah, kamu tidak dapat langsung membeli aset NFT dengan uang konvensional, melainkan harus mengonversikannya terlebih dahulu dengan uang kripto.

Selain itu, seluruh transaksi kriptomu hanya dapat digunakan melalui dompet kripto yang sama. Baru setelah itu, kamu bisa mengonversikannya ke mata uang sesungguhnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dompet kripto yang dapat kamu gunakan, yaitu: Math Wallet, AlphaWallet, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Metamask.

4. Tentukan Pasar NFT Kamu
Setelah kamu memiliki uang kripto dan dompet digital, langkah selanjutnya adalah memilih pasar untuk menjual NFT. NFT marketplace atau pasar NFT adalah merupakan suatu platform yang didirikan khusus sebagai wadah untuk menjual aset digital NFT.

Pasar NFT ini hanya berfokus pada produk-produk NFT yang akan diperjualbelikan oleh para investor kripto.

Kamu dapat menjual NFT kamu pada situs-situs seperti OpenSea, Axie Marketplace, hingga Larva Labs/CryptoPunk.

Menjual NFT (Non Fungitable Token)

Daun.id

istimewa

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Menjual NFT

Saat kamu ingin menjual NFT kamu, sebelumnya kamu harus mendaftar terlebih dulu. Baru setelah itu kamu mengupload asetmu ke dalamnya.

Perlu kamu ketahui, semua yang kamu unggah yang sebelumnya berformat PNG, GIF, MP3, dan sebagainya, selanjutnya akan diubah bentuknya menjadi aset digital NFT.

Untuk dapat menjual aset NFT, kamu dapat melakukan beberapa hal ini, antara lain:

- Jual dengan Harga yang Kompetitif
Ketika hendak menjual aset, aturlah harga yang kompetitif dengan aset orang lain. Hal ini karena selain daya tarik dari yang kami jual, pembeli juga melihat harga yang kami tawarkan.

- Atur Batas Waktu Lelang/Penjualan
Dengan memberikan batas deadline waktu lelang, para calon pembeli akan memiliki target untuk ikut penawaran terbuka (open bidding).

- Mulai Lelang Tanpa Batas Waktu
Kamu juga bisa membuka pelelangan aset NFT tanpa adanya jangka waktu. 

Setelah mengetahui syarat tersebut, sekarang saatnya kamu menjual NFT kamu di marketplace.

Alur Penjualan NFT di Marketplace 


Untuk dapat menjual NFT kamu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Klik pada gambar profil di kanan atas halaman, lalu klik Profile.

- Pilih NFT yang ingin dijual.

- Klik Sell di pojok kanan atas.

- Di halaman listing, atur harga dan tipe penjualan yang kamu inginkan. Jika kamu ingin menjual dengan harga tetap, kamu bisa memilih Fixed Price. 

- Kamu juga bisa jual dengan cara lelang dengan memilih Timed Auction. Kamu dapat mengatur berapa lama barang tersebut akan di-listing. Opsi default-nya adalah 1 hari, 3 hari, atau 1 minggu.

- Jika ingin jual satu koleksi NFT sekaligus, klik Sell as a bundle.

- Kamu juga bisa menjual NFT untuk buyer tertentu dengan menyalakan Reserve for specific buyer, lalu paste address buyer tersebut pada kolom yang disediakan.

Perlu kamu ketahui, penjual dikenakan Service Charge 2,5% dan Creator Royalty 10%.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya