Cara Membuat Catatan Kaki atau Footnote di Makalah, Skripsi Dll

"Cara membuat Catatan Kaki itu mudah, ikuti cara dan contoh berikut ini."

Tech | 20 September 2022, 16:16
Cara Membuat Catatan Kaki atau Footnote di Makalah, Skripsi Dll

Daun.id - Bagi seorang yang baru belajar menulis makalah, hal yang dianggap cukup sulit selain menyusun kata adalah saat menulis catatan kaki atau footnote. Menulis catatan kaki menjadi hal yang cukup menyulitkan ketika baru belajar membuat makalah atau karya ilmiah.

Mengapa demikian? Sebab sebagaian besar dari mereka yang belum terbiasa menulis Footnote akan kesulitan mengurutkan bagian-bagian Footnote. 

Kamu akan banyak kamu temui ketika sedang membaca makalah, karya tulis ilmiah atau sebuah buku. Footnote atau catatan kaki ini berfungsi sebagai penjelasan dari sebuah sumber yang kamu sematkan pada dokumen terkait, misalnya adalah buku. 

Dengan adanya catatan kaki akan memudahkan pembaca mengetahui sebuah sumber serta menguatkan tulisan karya ilmiah, agar kebenarannya dapat dipercaya.  Artinya, kalimat yang sumbernya berasal dari catatan penting atau kata yang membutuhkan tambahan penjelasan, umumnya harus disertai dengan footnote.

Cara Membuat Catatan Kaki di Makalah, Skripsi Dll

Pada kesempatan kali ini, Daun.id akan memberikan ulasan tentang bagaimana cara membuat Catatan Kaki di Makalah yang baik dengan bantuan Microsoft Word.

Cara menulis catatan kaki sangat mudah sekali, berikut ini adalah langkah-langkahnya. Mengutip laman resmi Microsoft, cara membuat footnote di Word adalah sebagai berikut:

- Buka Microsoft Word di laptop.

- Kemudian, klik Menu References dan pilih Insert Footnotes. Namun, pastikan terlebih dahulu untuk meletakkan kursor pada bagian kata atau kalimat yang membutuhkan footnote. Setidaknya satu kalimat hingga satu paragraf.
Daun.id

istimewa

- Jika sudah, nantinya akan muncul format penulisan footnote secara otomatis. Catatan Kaki akan terletak pada bagian bawah halaman dokumen.

- Tulis sumber referensi atau rujukan kalimat yang kamu berikan Catatan Kaki.
Daun.id

istimewa

- Selesai.

Perlu Kamu Ketahui, untuk melihat footnote yang sudah dibuat pada lintas halaman, kamu bisa klik 'Next Footnote'. Sementara itu, jika kamu menuju pada pada referensi di footnote yang terdapat di bagian halaman yang aktif, maka klik 'Show Note'.
Daun.id

istimewa

Komponen dan Kaidah Penulisan Footnote

Ketika membuat Catatan Kaki, kamu harus menulisnya sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan atau harus memenuhi aturan penulisan yang berlaku. Terdapat beberapa komponen yang harus kamu tambahkan untuk membuat footnote, antara lain:

- Nama penulis

- Judul tulisan

- Tahun terbit tulisan

- Nama penerbit

- Tempat sumber tulisan tersebut diterbitkan. 

- Jika diperlukan, kamu bisa menambahakan halaman kutipan tulisan tersebut.

- Seluruh komponen tersebut harus ditulis sesuai dengan urutannya. 

Selain itu, frasa yang digunakan juga harus benar dan sesuai dengan PUEBI. Berikut ini adalah cara dan urutan membuat footnote dan susunan penulisannya yang benar:

- Footnote didahului dengan nama lengkap penulis.

- Untuk nama penulis wajib ditulis secara lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat, dibalik, dan tanpa gelar akademik.

- Setelah itu diikuti dengan judul tulisan yang kamu jadikan sebagai referensi.

- Judul tulisan yang digunakan wajib ditulis dengan huruf kapital, dicetak miring, diberi garis bawah, atau dicetak tebal.

- Selanjutnya, diikuti nama penerbit, kota terbit, tahun terbit tulisan tersebut, dan nomor halaman.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network