Cara Melihat WA Disadap, Ketahui Ciri-Ciri dan Cara Mencegahnya

"Jangan sampai WA kamu disadap, ketahui ciri-ciri dan cara mencegahnya."

Tech | 21 September 2022, 12:00
Cara Melihat WA Disadap, Ketahui Ciri-Ciri dan Cara Mencegahnya

Daun.id - Jangan pernah merasa aman-aman saja dengan media sosial kamu, bisa saja kamu tidak menyadari bahwa media sosial kamu sedang disadap. Untuk itu ketahuilah ciri-ciri beserta cara mencegahnya.

Media sosial yang kini banyak digunakan untuk saling bertukar pesan dan informasi adalah Whatsapp (WA). Hampir sebagian besar orang disekeliling kamu pasti memiliki WA.

Meski memiliki banyak pengguna dan sistem verifikasi dua langkah kamu harus tetap berhati-hati. Pasalnya bukan tidak mungkin WA kamu disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak cara dan modus yang dapat digunakan untuk menyadap WA, salah satunya adalah dengan social engineering.

Sebagai contohnya adalah, peretas akan mencoba login WhatsApp menggunakan nomor kamu dengan menggunakan perangkat lain, setelah itu mereka akan mengelabui kamu dengan pesan agar kamu mengirimkan kode OTP. Apabila pengguna mengirimkan kode tersebut, akun WhatsApp miliknya akan diambil alih oleh peretas.

Untuk mencegah terjadinya penyadapan atau peretasan terhadap WA kamu, sebaiknya kamu membaca ulasan berikut ini hingga selesai. 

Cara Melihat dan Ciri-Ciri WA Disadap

Daun.id
pexels.com

Agar kamu bisa mengetahui bahwa WA kamu sedang disadap, kamu dapat mengetahuinya dari ciri-ciri berikut. Ada beberapa ciri yang akan muncul ketika WA kamu disadap dan kamu harus peka dengan ciri tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri WA disadap:

- Akun WhatsApp terlihat aktif di perangkat asing. 

- Ketika terhubung ke WhatsApp versi web, kamu bisa memeriksa perangkat mana saja yang tertaut dengan akun tersebut pada opsi “Perangkat Tertaut” di aplikasi WhatsApp ponsel.

- Terdapat pesan terkirim di WhatsApp yang bukan kamu kirim di WhatsApp.

- Terdapat pesan yang tiba-tiba terbaca tapi bukan kamu yang melakukannya.

- Terdapat SMS masuk berisi kode OTP yang digunakan untuk login WhatsApp, padahal akun WhatsApp Anda telah aktif.

- Profil akun WhatsApp berubah sendiri. Perubahan ini bisa diperiksa lewat menu “Pengaturan” Whatsapp dan klik ikon profil. 

- Akun WhatsApp tiba-tiba logout dengan sendirinya, padahal Anda sedang tidak melakukan pengaturan untuk mengeluarkan akun tersebut.

Cara Mencegah dan Mengatasi WA Disadap

Untuk mencegah WhatsApp Agar Tidak Disadap, kamu dapat melakukan beberapa langkah untuk keamanan akun WhatsApp. Berikut ini adalah cara mencegah dan mengatasi WA disadap yang dapat kamu lakukan.

Lakukan Verifikasi Dua Langkah

Daun.id
istimewa

Mengutip The Verge, ini adalah opsi untuk mengirim kode enam angka tiap pengguna masuk dengan nomor WhatsApp terdaftar ke perangkat baru. Beda dengan OTP, cara ini mencegah seseorang masuk sembarangan ke akun Anda dan membajak lewat kode QR. Ikuti langkah berikut:

- Klik opsi titik tiga di kanan atas.

- Pada menu pilihlah Setting > Account > Two Step Verification.

- Klik Enable.

- Masukan enam kode yang Anda pilih.

- Masukan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.

Gunakan Fitur Pemindai Sidik Jari
Untuk mengaktifkan fitur sidik jari, ikuti langkah berikut:
- Klik opsi titik tiga di kanan atas dan pilih Privasi.

- Klik kunci sidik jari dan Aktifkan.

- Pengguna akan diminta merekam sidik jari mereka.

- WhatsApp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

Hati-Hati Saat Log ini WA Web
Daun.id

istimewa

Selain kedua cara di atas, kamu juga perlu memerhatikan perangkat tempat Anda mengakses WhatsApp Web. Pastikan Anda telah logout dari perangkt tersebut. Berikut ini adalah cara logutnya:

Klik opsi titik tiga di kanan atas > klik WhatsApp Web > akan muncul daftar perangat yang login dengan akun Anda > pilih logout dari semua perangkat.

Mengatasi WA yang Sudah Diratas/Disadap
Jika WhatsApp kamu sudah telanjur diretas, Anda bisa menonaktifkan akun agar tidak ada yang bisa menggunakannya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim email dukungan di support@whatsapp.com dengan frasa "Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya" di badan email. Setelah akun dinonaktifkan, pengguna memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkannya kembali sebelum dihapus sepenuhnya.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network