Cara Membuat Bot Telegram, Mudah Tak Sampai 5 Menit

"Cara membuat bot di Telegram mudah sekali, kamu bisa membuatnya dari HP tak sampai 5 menit."

Tech | 21 September 2022, 12:30
Cara Membuat Bot Telegram, Mudah Tak Sampai 5 Menit

Daun.id - Kini Telegram menjadi aplikasi perpesanan yang sedang banyak diminati oleh masyarakat. Banyak fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh Telegram, beberapa diantaranya adalah obrolan dijamin kerahasiaanya dan juga dapat menerima dan mengirim pesan dengan ukuran yang besar tanpa ada pengompresan.

Salah satu fitur unik yang dimiliki oleh Telegram ini adalah Fitur Telegram Bot. Fitur Telegram Bot adalah fitur yang dapat dijalankan dengan perangkat lunak yang memiliki fitur AI. Kamu dapat menggunakan fitur Telegram Bot tanpa menggunakan nomor telepon dan tanpa menginstal aplikasi.

Kamu dapat menggunakan fitur Telegram Bot untuk melakukan pencarian, pengingat dan juga sebagai penghubung. Telegram Bot juga dapat kamu gunakan untuk mengirim/membuat berbagai macam konten dan dapat kamu gunakan untuk membuat permainan.

Cara Membuat Fitur Telegram Bot

Daun.id
istimewa

Cara membuat Telegram Bot tidak sulit, kamu dapat membuatnya dengan cara yang mudah dan waktu yang singkat. Untuk membuat Fitur Telegram Bot, kamu dapat membuatnya dengan menggunakan tiga cara. Berikut ini adalah cara membuat Telegram Bot:

Menggunakan Channel BotFather
Daun.id

istimewa

Kamu dapat membuat Telegram Bot dengan menggunakan Channel BotFather. Selain untuk membuat Telegram Bot, BotFather ini dapat kamu gunakan untuk membagikan segala sesuatu dengan mudah pada banyak orang sekaligus.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membut Telegram Bot:

1. Buka aplikasi Telegram dan masuk ke pencarian dengan keyword BotFather.

2. Setelah itu pilih channel BotFather yang sudah terverifikasi yang ditandai dengan centang biru.

3. Setelah itu klik Start untuk memilih bot yang tersedia. Silakan, tekan pada pilihan New Bot untuk membuat bot baru.

4. Kamu bisa melanjutkan dengan membuat bot baru dengan memberikan nama yang terdiri dari 5 sampai 32 karakter. Setelah itu, siapkan username yang diakhiri dengan -bot.

5. Selanjutnya, kamu akan diberikan Token berwarna biru. Umumnya akan ditulis dengan font Telegram Bot yang berbeda.

6. Selesai, kamu dapat menggunakan bot tersebut. Jangan lupa untuk mengamankan token bot Anda, supaya tidak diakses dan dikendalikan oleh orang lain.

Menggunakan Channel Telegram
Kamu juga dapat membuat Telegram Bot dengan menggunakan Channel Telegram. Berikut ini adalah cara membuat Telegram Bot dengan Channer Telegram:

1. Buka menu Hamburger di sudut kiri atas aplikasi Telegram.

2. Pilih Saluran Baru/Channel (Saluran dengan ikon siaran).

3. Masukkan nama Saluran Anda dan deskripsi Saluran yang sesuai opsional.

4. Atur kegunaannya untuk publik atau pribadi, sesuai dengan kegunaannya. Jika diatur menjadi saluran publik, pengguna dapat menemukannya menggunakan kotak pencarian mereka. Namun jika diatur menjadi saluran pribadi, pengguna memerlukan tautan invitation untuk bergabung.

Menggunakan Manybot
Daun.id

istimewa

Kalau kamu ingin membuat dan mengedit Bot kamu sendiri, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan Manybot. Berikut ini adalah cara membuat Telegram Bot dengan menggunakan Manybot:

1. Cara pertama adalah kamu perlu menyalin token dari fitur channel BotFather terlebih dahulu supaya bisa membuat Bot di Manybot.

2. Buka Telegram Anda dan ketikkan Manybot di kolom pencarian.

3. Selanjutnya, pilih bahasa terlebih dahulu menggunakan bahasa Inggris karena bahasa Indonesia belum tersedia.

4. Pilih Create a New Bot untuk mendapatkan pesan otomatis yang akan mengarahkan Anda untuk membuat Bot baru.

5. Jika sudah, silakan untuk menyalin token yang diperoleh di BotFather sebelumnya. Kirimkan token tersebut ke Manybot dengan menggunakan chat Telegram Bot.

5. Jika sudah, silakan untuk menyalin token yang diperoleh di BotFather sebelumnya.

6. Kirimkan token tersebut ke Manybot dengan menggunakan chat Telegram Bot.

Kiranya begitulah cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat sebuah Telegram Bot kamu sendiri. Untuk mendapatkan informasi mengenai teknologi lainya, ikuti kami terus di Daun.id.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network