Cara Membuat Akun LTMPT dari HP, Mudah dan Simpel

"Cara membuat akun LTMPT tidaklah sulit, ikuti cara mudah berikut ini."

Tech | 22 September 2022, 12:55
Cara Membuat Akun LTMPT dari HP, Mudah dan Simpel

Salah satu syarat untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah dengan memiliki akun LTMPT. Kamu dapat membuat akun LTMPT dengan mengikuti ulasan berikut ini.

Apa itu LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi terstandar di Indonesia bagi calon mahasiswa baru di bawah naungan Kemterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Fungsi penting dari LTMP ada tiga, antara lain mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor PTN, melaksanakan ujian masuk ke PTN atau yang biasa dikenal dengan UTBK, dan juga menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN.

LTMPT ini adalah satu-satunya penyelenggara tes Perguruan Tinggi yang terstandar di Indonesia. Tujuan dari adanya LTMPT antara lain adalah melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel.

Cara Membuat Akun LTMPT Sekolah dan Siswa

Daun.id

istimewa

Kamu dapat membuat akun LTMPT menggunakan perangkat HP atau Komputer. Untuk membuatnya, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini sampai selesai.

Berikut ini adalah cara membuat akun LTMPT Sekolah dan Siswa dengan menggunakan HP.

Cara Registrasi Akun LTMPT Sekolah
Sebelum siswa dapat membuat akun LTMPT, sekolah harus terlebih dulu memiliki akun LTMPT. Berikut ini adalah langkah membuatnya.

- Masuk laman portal.ltmpt.ac.id;

- Pilih menu “Daftar di Sini”;

- Lalu, klik menu Sekolah;

- Masukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik;

- Masukkan nama kepala sekolah atau operator sekolah, tanggal lahir, email aktif dan password, pilih daftar;

- Klik daftar dan nantinya akan muncul notifikasi registrasi dan aktivasi akun LTMPT LTMPT akan mengirimkan email aktivasi dan verifikasi pada email yang didaftarkan;

- Buka inbox email untuk mengaktifkan dan verifikasi akun;

- Kemudian, setelah akun aktif, masuklah kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id/

Cara Membuat Akun LTMPT Siswa

Daun.id

istimewa

Setelah sekolah melakukan pendaftaran akun LTMPT, selanjutnya kamu dapat membuat akun LTMPT guna mendaftar di Perguruan Tinggi. Berikut ini adalah cara membuatnya:


- Buka laman portal.ltmpt.ac.id;

- Klik menu “Daftar di Sini” dan pilih menu “Siswa”;

- Masukkan NISN, NPSN dan tanggal lahir;

- Masukkan email dan buat password, pilih daftar; 

- Klik “Daftar” dan akan muncul notifikasi aktivasi akun. LTMPT akan mengirimkan email aktivasi dan verifikasi pada email yang didaftarkan;

- Buka inbox email untuk mengaktifkan dan verifikasi akun; 

- Setelah berhasil aktif, Anda bisa login kembali di portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya