6 Cara Membuat Reels Instagram Agar Makin Hits

"Percantik reels Instagrammu agar banyak yang melihat."

Tech | 23 September 2022, 06:20
6 Cara Membuat Reels Instagram Agar Makin Hits

Daun.id - Perkembangan zaman membuat kian banyak juga teknologi yang dapat dipakai. Adapun, salah satu kecanggihan teknologi yakni adanya media sosial. Bahkan kini, media sosial juga bersaing dalam memperoleh perhatian dari masyarakat, misalnya Instagram. Instagram menjadi salah satu media sosial yang begitu populer kini. Instagram senantiasa memberikan fitur-fitur terbaru. Bahkan terdapat pula fitur reels di Instagram.

Dengan adanya reels, kamu tentu saja hendak menggunakannya. Selain itu, kamu pasti ingin mempercantik postingan tersebut dengan beberapa fitur yang ada di dalamnya. Berikut ini cara membuat reels Instagram agar makin hits, yakni:

1. Berikan sesuatu yang menarik di beberapa detik pertama video
Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Seperti halnya konten video di platform lain, beberapa detik pertama Reels merupakan yang paling krusial. Kamu dapat membuat konten yang menarik di awal, supaya audiens tertarik dalam menonton video hingga habis. Kamu dapat mengucapan atau membuat teks yang memancing atau apa saja, sesuai kreativitas kamu.

2. Edit sekreatif mungkin dengan mengubah angle atau transisi

Terkadang kamu merasa bosan saat melihat video berdurasi panjang dengan angle yang sama dari awal hingga akhir. Dalam memikat audiens, dianjurkan memotong video tiap beberapa detik sekali. Usahakan mengubah angle kamera dan menambahkan transisi.

Melansir Social Media Examiner, jika ingin audiens menonton lebih lama, pikirkan cara mengedit yang kreatif misalnya membuat potongan (cut), yakni transisi sederhana tetapi tiba-tiba dari satu klip menuju klip selanjutnya.

Adapun content creator Reels dengan transisi kreatif ialah Olivier Wong, pemilik akun Instagram @wonguy974. Kamu dapat mengunjungi akun Instagramnya dan menjadikan postingannya sebagai inspirasi.

3. Pakai fitur bawaan reels guna mengedit video

Seperti yang diketahui, Reels memiliki fitur bawaan guna menulis teks, mengedit, menambahkan musik, dan efek visual. Gunakan fitur itu dan tidak dianjurkan menggunakan aplikasi lain dalam mengedit.

Mengutip Social Media Examiner, Instagram benar-benar menginginkanmu memakai fitur bawaan Reels dan akan meningkatkan eksposur kamu apabila sering menggunakannya. Maka, guna memaksimalkan jangkauan audiens, cobalah mengedit, merekam, dan menambahkan teks, efek, serta musik di reels.

4. Tambahkan teks guna menjangkau lebih banyak orang

Apabila suaramu di video Reels tidak begitu jelas, teks dapat membantu orang mengetahui apa yang kamu bicarakan. Tidak hanya itu, penambahan teks dapat membantu menjangkau lebih banyak pengguna, terutama apabila diterjemahkan ke bahasa Inggris. Dengan demikian, audiens dari berbagai penjuru dunia dapat menonton Reels yang dibuat dan meningkatkan jumlah views dengan signifikan.

Teks juga bermanfaat supaya audiens lebih mudah menyerap informasi. Contohnya, Reels yang dibuat menjelaskan mengenai financial planning. Apabila materi yang disampaikan banyak dan durasinya sebentar, kamu perlu menambahkan teks.

5. Tambahkan thumbnail yang mencuri perhatian
Daun.id

Sumber: Data Pribadi

Kamu dapat menambahkan thumbnail atau gambar diam sebagai cover Reels. Kamu dapat memilih cuplikan scene dari dalam video atau mendesainnya sendiri.

Sebenarnya thumbnail ini tidak akan tampak di Explore. Thumbnail dapat dilihat saat seseorang mengunjungi profil Instagram kamu. Fungsinya supaya audiens mengetahui gambaran Reels kamu dari thumbnail. Hal ini akan memudahkan audiens melihat konten sesuai minat mereka tanpa membuka Reels satu per satu.

6. Memakai musik yang sedang tren

Terakhir, seperti halnya TikTok. Kamu dapat memakai musik atau sound yang tengah tren agar video kamu viral di Reels. Mengutip Plann, saat terdapat banyak pengguna berinteraksi dengan sound tertentu, algoritme Instagram akan mencatatnya dan menambahkan lebih banyak video yang serupa pada feed.

Sehingga, ini dapat meningkatkan peluang dalam mendapatkan lebih banyak penayangan (views) dan berpotensi mendatangkan pengikut baru. Dalam melihat sound mana yang sedang tren, kamu dapat mengetuk bagian musik dan lihat yang paling banyak digunakan.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network