4 Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku, Ketahui Tujuannya

"Menulis daftar pustaka dapat dilakukan dengan mudah, ikuti langkah di bawah ini."

Tech | 23 September 2022, 16:58
4 Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku, Ketahui Tujuannya

Daun.id - Daftar pustaka merupakan daftar kumpulan referensi yang digunakan sebagai rujukan dalam pembuatan suatu tulisan atau karya ilmiah lainnya. Pada umumnya daftar pustaka ini berasal dari sebuah buku yang berkaitan dengan suatu karya yang akan dibuat. Memang sekilas tampak mudah, namun dalam pembuatannya tak dapat dilakukan secara sembarangan.

Ketika menuliskan sebuah karya ilmiah, daftar pustaka menjadi suatu perkara yang sangat penting. Daftar pustaka bersumber dari sebuah buku yang digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah. Agar tidak dibilang Copas (Copy Paste), maka buku tersebut wajib dicantumkan ke daftar pustaka yang terdapat pada akhir halaman dalam sebuah karya.

Manfaat dalam pembuatan daftar pustaka dapat kita rasakan, salah satunya sebagai penguat data. Sehingga apa yang telah tertuliskan benar-benar kuat kebenarannya. Selain itu karya anda juga telah memenuhi etika dalam penulisan sebuah karya. Selanjutya, dapat dikatakan sebagai bentuk sebuah apresiasi dan dukungan kepada pengarang atau penulis buku tersebut.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Buku

Daun.id

sumber; pixabay.com

Dalam pembuatan daftar pustaka tentunya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan atau asal tulis begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan daftar pustaka. Sehingga dapat menuliskannya dengan sesuai aturan dan benar. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Nama Penulis

Saat penulisan dilakukan mulailah dengan nama penulis pada buku yang digunakan sebagai referensi. Jika nama penulis terdiri dari dua kata, maka nama belakang ditaruh depan dan sebaliknya.

Jika buku yang digunakan ditulis oleh dua orang atau lebih, maka hanya urutan penulis pertama yang penulisannya dibalik. Nama penulis selanjutnya ditulis sesuai dengan nama aslinya. Saat pada buku tersebut nama penulis disertai gelar, maka gelar tersebut tak perlu ditulis.

2. Tahun Penerbitan Buku

Pada urutan kedua setelah nama penulis, Anda perlu menulis tahun buku tersebut diterbitkan. Ingat, disini yang ditulis ialah tahun terbit bukan tahun buku tersebut dicetak. Jangan terkecoh dengan tahun cetakan.

3. Judul Buku

Dalam sesi ini dapat dikatakan sesi termudah, Anda cukup dapat menulis judul buku yang digunakan referensi secara lengkap. Dalam penulisannya, tulisan dibuat miring (italic).

4. Kota dan Nama Penerbitan

Selanjutnya atau bagian yang terakhir dalam penulisan daftar pustaka ialah mencantumkan nama kota dan penerbit. Nama kota harus ditulis lebih dahulu, baru nama penerbit. Untuk pemisah nama kota dan penerbit sertakan tanda titik dua (:) di antara nama kota dan penerbit.

Setiap penulisan daftar pustaka memiliki urutannya, demi mempermudah dalam pembuatanna, kami akan menyertakan beberapa contoh seperti berikut ini :

1. Rizkiawan, Ahmad Wahyu. 2021. Lahirnya NU Bojonegoro dan Hikayat Padangan Kota Cahaya. Bojonegoro: Nuntera

2. Prasetia, Heru dan Sarjoko S. 2021. Pribumisasi Islam & Berbagai Isu Mutakhir. Bantul: Gusdurian Pers

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

Daun.id

sumber; pixabay.com

Daftar pustaka ditulis dalam suatu karya tentunya memiliki tujuan. Berikut ini tujuan dalam penulisan daftar pustaka:

- Bentuk apresiasi kepada pengarang atau penulis suatu karya buku atau dalam bentuk karya lainnya yang digunakan sebagai sumber referensi dalam membuat tulisan.

- Memudahkan pembaca dalam melacak topik-topik terkait. Sehingga pembaca dapat lebih mudah dalam melakukan penelusuran lainnya.

- Sebagai bukti keaslian suatu karya, sebab ditulis dengan menggunakan data dari sumber-sumber yang terpercaya.

- Membangun kepercayaaan bagi para pembaca tulisan.

- Untuk mengetahui kota atau tempat terbitnya suatu karya.

- Sebagai ciri khas dan kelaziman karya tulis ilmiah.

- Menghindari ketika ada tuduhan-tuduhan plagiarisme intelektual.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tujuan penulisan dalam pembuatan karya ilmiah. Jadi daftar pustaka merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembuatan karya tulis ilmiah.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network