Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Word, Ketahui Manfaatnya

"Mudah dan cepat, lakukan langkah di bawah ini."

Tech | 23 September 2022, 17:53
Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Word, Ketahui Manfaatnya

Daun.id - Kecanggihan teknologi kini semakin berkembang pesat, hingga kini kita dapat merasakan manfaatnya. Salah satunya penggunaan laptop dalam pembuatan suatu karya tulis dengan menggunakan aplikasi microsoft word yang telah diinstal di dalam laptop. Aplikasi ini sangat memudahkan seseorang dalam membuat karya tulis atau laporan.

Saat kita mau membuat laporan tertentu, membutuhkan suatu data pelengkap. Biasanya untuk memudahkan dalam penulisan diperlukan sebuah tabel yang cukup banyak. Memang pada umumnya dapat dibuat satu persatu, namun hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk menyingkat waktu, sebenarnya dapat dilakukan dengan membuat tabel secara otomatis.

Sehingga dalam pembuatannya tidak menghabiskan waktu yang cukup lama. Sayangnya tidak setiap orang dapat mengetahui langkah-langkahnya. Tenang, bagi sahabat daun kali ini kita akan membahas cara membuat tabel secara otomatis di word dengan mudah dan praktis. Simak langkah-langkah kami di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Word

Daun.id

sumber; pixabay.com

Agar dapat membuat tabel secara mudah dan praktis perlu diketahui beberapa langkahya. Berikut cara membuat tabel otomatis di word :

1. Membuka Microsoft Word di laptop.
2. Membuka dokumen yang membutuhkan tabel yang akan dibuat daftar tabel otomatis.
3. Jika sudah, langkah selanjutnya posisikan pointer di atas gambar tabel, References, klik Insert Caption.
4. Setelah itu akan terbuka halaman Insert Caption, Kemudian klik menu new label. Saat di halaman new label, isi sesuai dengan caption tabel yang ingin dibuat. Ingat untuk setiap pemberian nama label, sesudah nama label beri tanda titik (.)
5. Terakhir, tinggal klik OK.

Selain menggunakan cara otomatis di atas, Anda juga dapat membuat tabel otomatis seperti di bawah ini:

1. Posisikan kursor berada di awal kata, selanjutnya pilih insert caption, setelahnya langsung klik OK
2. Setelah selesai membuat tabel, cobalah untuk menampilkan Daftar Tabel Otomatis dengan cara berikut ini :
3. mempersiapkan halaman dokumen yang ingin dibuat daftar tabel otomatisnya, umumnya daftar tabel diletakkan setelah halaman Daftar Isi.
4. Selanjutnya, pilih menu "References" di Tab Menu
5. Pilih menu "Insert Table of Figures"
6. Berikutnya ada Halaman Table Of Figures, klik pada Caption Label (Label yang ingin ditampilkan dari tabel yang dibuat sebelumnya)
7. Jika sudah memilih, langsung klik OK
8. Selesai, daftar tabel Anda sudah siap.

Itulah langkah-langkah dalam pembuatan daftar tabel secara otomatis. Penggunaan langkah di atas tidak menghabiskan waktu yang cukup panjang. Sehingga saat membuat laporan tidak menghabiskan banyak waktu.

Manfaat Pembuatan Daftar Tabel Otomatis

Daun.id

sumber; pexels.com

Dalam pembuatan tabel otomatis, tentunya memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan. Berikut ini beberapa manfaatnya ;

1. Mudah dibuat

Mudah dibuat dikarenakan microsoft office word telah tersedia fitur ini.

2. Meringkas waktu pembuatan laporan

Daftar tabel otomatis dapat menghemat waktu pembuatan laporan, sebab jika dibuat secara manual harus bolak-balik dari halaman ke halaman, sehingga memakan waktu panjang. Jika dibuat secara otomatis dapat menyingkat waktu pembuatan laporan.

Nah itulah sederet manfaat yang bisa dirasakan, jika dalam pembuatan daftar tabel dilakukan secara otomatis. Selamat mencoba.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 4 OKTOBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:11 SUBUH 04:21 DUHA 05:59 ZUHUR 11:44
ASHAR 14:49 MAGHRIB 17:49 ISYA 18:58  

Daun Media Network