Cara Membuat Peta Konsep di Word, Ketahui Tipsnya Agar Makin Lengkap

"Membuat Peta Konsep di Word sangat mudah, berikut ini cara mudahnya."

Tech | 28 September 2022, 18:31
Cara Membuat Peta Konsep di Word, Ketahui Tipsnya Agar Makin Lengkap

Peta Konsep adalah sebuah metode yang tujuanya adalah untuk memudahkan kegiatan pembelajaran, perkuliahaan atau pun presentasi. Peta konsep ini merupakan bagan skemaktis atau ilutrasi grafis yang bertujuan untuk menjelaskan suatu pengertian konseptual. Peta Konsep ini dibuat guna mencari dan memahami suatu ilmu pengetahuan.

Peta Konsep merupakan ilustrasi grafis konkret yang mengindikasikan sebagaimana sebuah konsep tunggal dihubungkan ke konsep-konsep lain pada kategori yang sama. Cir-ciri dari Peta Konsep yaitu:

- Pemetaan konsep yaitu suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proposisi-proposisi suatu bidang. 

- Suatu peta konsep merupakan gambar dua dimensi dari suatu bidang studi atau suatu bagian dari suatu bidang studi.

- Ciri inilah yang dapat memperlihatkan hubungan yang proporsional antar konsep.  

- Bila dua atau lebih konsep digambarkan di bawah suatu konsep yang lebih inklusif, maka terbentuklah suatu hierarki pada peta konsep tersebut.

Tips Membuat Peta Konsep yang Baik

Daun.id

istimewa

Peta Konsep menurut Nurul Kamilati dalam bukunya Mengenal Kimia 1 adalah metode pembelajaran yang praktis, efisien dan menyenangkan. Untuk bisa membuat Peta Konsep yang baik, berikut ini adalah tahapan-tahapan yang bisa kamu praktikan untuk membuat Peta Konsep.

- Identifikasi Ide Pokok
Contohnya, Anda harus membuat materi ekosistem biologi. Ekosistem bisa dipilih sebagai judul dalam peta konsep kemudian mengerucut ke materi khusus.

- Identifikasi Ide Sekunder
Identifikasi ide-ide sekunder atau khusus yang akan menunjang pokok bahasan utama. Contohnya, ekosistem merupakan judul peta konsep. Ide atau konsep sekundernya adalah bagian dari habitat ekosistem seperti danau dan lain-lain.

- Tempatkan Ide dengan Benar
Tempatkan ide atau konsep utama di bagian tengah atau atas peta konsep.

- Kelompokan Ide dan Konsep
Kelompokkan ide-ide atau konsep sekunder di sekeliling pokok bahasan utama. Fungsinya untuk menunjukkan hubungan atau keterkaitan antara ide utama dan sekunder.

Cara Membuat Peta Konsep di Word

Kamu bisa menggunakan Microsoft Word, Microsoft Power Point atau aplikasi seperti Canva untuk membuat Peta Konsep. Kamu bisa membuat bagan dari menu yang tersedia atau bisa menggunakan fitur shape.

Agar terlihat menarik dan mudah mengingat penjelasannya, tambahkan juga gambar-gambar yang berhubungan dengan peta konsep. Berkreasilah dengan font dan warna yang disukai agar Anda juga nyaman dan betah membaca peta konsep tersebut.

1. Buka Microsoft Word di Laptop atau PC
Kamu bisa membuka Microsoft Word di desktop PC atau laptop, kemudian  gunakan bentuk dasar atau memilih opsi grafik SmartArt. Dengan begitu, kamu bisa memulai membuat rancangan peta konsep di Word.

2. Mulai Menggambar Peta
Sebelum menyusun peta konsep, kamu harus menyiapkan sebuah ide terlebih dulu. Setelah itu, identifikasi elemen kunci dari peta konsep dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain.

3. Buka Tab 'Insert' di Microsoft Word
Daun.id

istimewa

Sekarang, buka tab Insert dan klik panah drop-down di bawah Smart Art. Nantinya, kamu akan menemukan beberapa bentuk yang berbeda. Piilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Pilih Bentuk yang Diinginkan
Pilih bentuk yang diinginkan untuk ditampilkan sebagai judul utama kamu. Kemudian, letakkan saja di halaman kamu. Untuk memilih dan mengatur berbagai bentuk menggambar peta, kamu perlu mengingat peta konsep yang digambarkan dalam hierarki, sehingga dapat memulainya dari atas dan mengembangkan ide utama ke dalam sub-topik yang berbeda.

5. Gunakan Garis untuk llustrasikan Hubungan dan Teks
Daun.id

istimewa

Setelah itu, gunakan garis untuk mengilustrasikan hubungan dan tambahkan teks pada tautan silang untuk menunjukkan jenis hubungannya.

6. Edit dan Kustomisasi
Microsoft Word menyediakan banyak pilihan format untuk mengedit dan kustomisasi peta konsep. Jadi, hal itu dapat memudahkan kamu untuk berkreasi sesuai kebutuhan.

7. Menyimpan File Peta Konsep
Terakhir, kamu bisa menyimpan file peta konsep yang sudah dibuat. Caranya, klik file dan simpan di dalam dokumenmu. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya