2 Cara Melihat Penghasilan YouTuber, Beserta Sumber-sumbernya

"Yuk ketahui cara melihatnya biar nggak kepo lagi"

Tech | 29 September 2022, 17:10
2 Cara Melihat Penghasilan YouTuber, Beserta Sumber-sumbernya

Profesi yang hampir dilakukan oleh semua orang, tak lain tak bukan ialah YouTuber. Pasti semua orang tentunya sudah tak asing lagi profesi yang hampir semua kalangan masyarakat menggelutinya. Mulai dari jadi seorang YouTuber makanan, yang membahas seputar makanan, tempat kuliner dan lainnya yang berkaitan dengan makanan.

Kemudian ada juga YouTuber membahas seputaran jalan-jalan atau traveling, edukasi, kegiatan sehari-hari dan yang lainnya. Begitu menjajikan banyak yang menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan sampingan atau dilakukan saat luang.

- Cara Melihat Penghasilan YouTuber
Namun bagaimana cara melihat penghasilan yang dihasilkan oleh YouTuber. Jika penasaran simak ulasannya di bawah ini:
Daun.id

sumber: pixabay

1. Cara Mengecek Penghasilan YouTuber Melalui Social blade
Mungkin pernah penasaran untuk mengetahui penghasilan seorang YouTuber yang dikagumi. Satu di antara caranya untuk mengecek penghasilan YouTuber adalah lewat situs Social Blade. Cara mengecek yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

- Pertama-tama, buka situs www.socialblade.com.
- Lalu, masukkan nama channel Youtube yang ingin dicari pada kolom pencarian dan tekan enter setelahnya.
- Selesai dan akan bisa melihat nominal kisaran yang diraih YouTuber.
 
Bukan hanya perkiraan penghasilan yang dapat dilihat, juga dapat mengecek informasi lain, seperti jumlah upload, subscriber, jumlah views, peringkat YouTube dan grafik harian channel.

2. Cara Melihat Penghasilan Channel YouTube Sendiri
Setelah mengetahui cara mengecek perkiraan penghasilan YouTuber lain, juga harus mengetahui cara melihat penghasilan channel YouTube sendiri. Caranya sendiri sangat mudah. Bisa melihatnya penghasilan pasti dari akun channel YouTube milik sendiri dengan cara ini:

- Pertama, klik Profil pada pojok kanan atas tampilan YouTube dan pilih YouTube Studio.
- Lalu, klik menu “Analytics” kemudian “Pendapatan.”
- Selesai dan bisa melihat sendiri pendapatan channel YouTube milik sendiri.

Daun.id

sumber: pixabay

- Sumber-sumber Penghasilan YouTuber
Setelah melihat sendiri bagaimana cara melihat penghasilan yang dihasilkan oleh para YouTuber. Tentunya juga penasaran bukan dari mana seluruh hasil uang yang didapatkannya selama menjadi YouTuber. Dengan menyimak yang di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Simak yuk:

1. YouTube AdSense
YouTube AdSense
menjadi salah satu sumber penghasilan yang didapatkan seorang YouTuber. Melalui YouTube AdSense sebagai program pengiklanan akan memungkinkan sebagai konten kreator mendapat komisi dari pemasangan YouTube Ads yang ditampilkan di channel kalian.

Komisi tersebut diberikan berdasarkan jumlah penonton iklan di video kalian. Namun, perlu diingat untuk mendapatkan imbalan ini harus memenuhi syarat dan kebijakan seperti telah mencapai 4000 jam tayang selama satu tahun, memiliki 1000 subscriber, dan terhubung dengan Google AdSense.
 
Daun.id

sumber: pixabay

2. Endorsement Produk
Sepertinya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Para YouTuber tidak jarang memperoleh endorsement dari produk yang sesuai dengan persona mereka.

Misalnya, YouTuber Gaming akan mendapatkan brand atau produk yang berkaitan dengan game dan anak muda. Juga dapat memperoleh endorsement dari produk yang sesuai dengan channel YouTube kalian. Apabila channel YouTube yang dikelola bertemakan kecantikan, bukan tidak mungkin mendapatkan penghasilan dari endorse alat-alat kecantikan pula.

Penghasilan YouTuber dari cara ini bisa dipatok dengan tarif yang dirasa cocok dengan video yang akan dibuat. Umumnya tarif endorse di mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung jumlah subscriber dan engagement akun kalian. 

3. Melalui Affiliate Marketing
Tidak hanya lewat AdSense, sebagai YouTuber kalian dapat bisa mendapatkan sumber penghasilan dengan mengikuti program afiliasi atau affiliate marketing. Program afiliasi merupakan program yang memungkinkan mendapatkan komisi apabila kamu sukses membuat orang lain menggunakan suatu produk.

Komisi yang diberikan beragam tergantung perusahaan atau brand yang bekerjasama dengan kalian. Biasanya, setelah mendaftar program afiliasi akan mendapatkan kode referral atau link banner untuk dipromosikan di YouTube kalian. Jika penonton membeli produk dengan kode tersebut, maka akan mendapatkan komisi.

4. Penjualan Produk atau Jasa
Sumber penghasilan lainnya adalah lewat penjualan produk atau jasa memang kalian punya atau jual. Apabila punya bisnis kuliner, tidak ada salahnya menyorot bisnis kalian dalam beberapa kesempatan sebagai suatu konten.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya