2 Cara Melihat Email Akun Facebook, Ketahui Tips Menghindari Akun Palsu

"Berikut tips melihat email Facebook sekaligus menghindari akun palsu."

Tech | 29 September 2022, 17:20
2 Cara Melihat Email Akun Facebook, Ketahui Tips Menghindari Akun Palsu

Daun.id - Facebook salah satu aplikasi media sosial yang keberadaannya digandrungi sebagian besar orang. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah download aplikasi Facebook melalui Playstore. Aplikasi ini menunjukkan telah didownload sebanyak lebih dari 5 Miliar kali. Wajar saja, pengguna Facebook telah menyebar luas hingga ke beberapa negara. Jadi koneksi dan jangkauannya semakin meluas, hingga dapat menghubungkan para penggunanya dari berbagai negara.

Untuk dapat menikmati layanan fitur yang disediakan oleh Facebook, seseorang harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk mendaftar, syarat yang harus disediakan ialah alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif. Keberadaan email ini tidak hanya ditunjukkan untuk pengguna facebook saja, namun juga diperuntukkan aplikasi lainnya. Jadi keberadaannya sangat penting, dibutuhkan dalam setiap melakukan login aplikasi apa saja termasuk facebook sendiri. Jadi setiap mau menggunakan Facebook, harus login dulu.

Namun seiring berjalannya waktu, facebook dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi yang terpasang di android. Sehingga tak membutuhkan login dengan memasukkan email atau nomor ponsel dan kata sandi. Kemudahan ini terkadang justru membuat beberapa pengguna lupa email atau nomor ponsel dan kata sandi yang digunakannya. Sehingga ketika ganti perangkat HP membuatnya kesusahan login, lantaran tidak mengingat dan belum sempat mencatat. Untuk mengantisipasi hal ini, simak pembahasan lengkapnya.

Cara Melihat Email Akun Facebook

Daun.id

sumber; playstore

Penggunaan akun Facebook dapat dibuat melalui nomor ponsel atau email. Sehingga untuk login dapat masuk dengan menggunakan dua hal tersebut. Berikut ini langkah-langkah melihat email akun facebook :

1. Cara melihat email akun Facebook Melalui aplikasi

Pada umumnya aplikasi facebook dapat digunakan hanya melalui Telepon Pintar atau sejenisnya. Jika ingin melihat email akun facebook melalui aplikasi, berikut ini caranya:

- Pastikan aplikasi Facebook telah terinstal di perangkat Anda.
- Bukalah aplikasi Facebook tersebut.
- Ketuk ikon yang sering disebut-sebut "hamburger" di sebelah kanan bagian atas.
- Muncul beberapa menu, klik "setting".
- Selanjutnya pilih "Personal Information"
- Menu ini akan menampilkan beberapa data pribadi dan data penting termasuk email akan muncul.

2. Cara melihat email akun Facebook melalui browser

Pada umumnya, membuka browser lebih enak dilakukan melalui laptop. Bisa melalui aplikasi chrome, google dan lain sebagainya. Termasuk membuka facebook, berikut langkah mengetahui email akun facebook melalui browser:

- Bukalah perangkat laptop atau PC.
- Klik salah satu aplikasi browser "chrome"
- Pergi ke alamat "www.facebook com".
- Lakukan login dengan menggunakan akun Facebook Anda.
- Pilih menu "about".
- Ketuk "contact and basic info".
- Email yang digunakan pada akun tersebut akan muncul begitu juga dengan data pribadi lainnya.

Demikianlah sahabat daun cara mudah untuk mengetahui email akun facebook yang sedang Anda gunakan. Jadi, tak perlu bingung-bingung lagi untuk ngecek email yang sedang digunakan di akun facebook.

Tips Mengetahui dan Menghindari Akun Facebook Palsu

Daun.id

sumber; playstore

Semakin mudahnya membuat akun, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Membuat akun palsu dengan tujuan keuntungan tertentu. Sehingga para pengguna harus lebih waspada agar tidak tertipu oleh akun. Berikut ini tipsnya:

- Sebelum menambah pertemanan, teliti terlebih dahulu profilnya.
- Periksa dengan cermat photo profil yang digunakan akun tersebut.
- Periksa nama akun tersebut melalui mesin pencarian google. Dari mesin ini nantinya akan menunjukkan banyak data, sehingga dapat dilakukan pertimbangan untuk menarik kesimpulan.
- Pada akun tersebut, cek dengan siapa saja mereka berteman. Akun palsu lebih banyak berteman dengan akun palsu pula.
- Jangan melakukan kontak, chat atau komunikasi dengan akun yang sedang dicurigai keasliannya.
- Jika telah diketahui sebagai akun palsu, sebaiknya hapus atau langsung blokir saja akun tersebut.

Demikianlah tips mengetahui dan menghindari akun facebook palsu yang dapat dilakukan. Sebaiknya waspadalah dengan-dengan akun facebook palsu. Sebab akun tersebut digunakan untuk mencari keuntungan dengan cara menipu, curang, dan lain sebagainya.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 7 DESEMBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 03:57 SUBUH 04:07 DUHA 05:52 ZUHUR 11:46
ASHAR 15:12 MAGHRIB 18:00 ISYA 19:15  

Daun Media Network