7 Cara Membuat Berita Dengan Sederhana dan Mudah, Mulailah Menulis

"Teori membuat berita terampuh ialah dengan memulai menulis."

Life | 30 September 2022, 19:52
7 Cara Membuat Berita Dengan Sederhana dan Mudah, Mulailah Menulis

Daun.id - Secara umumnya berita dapat dimaknai ialah sebuah laporan cepat yang membahas mengenai seputar fakta atau mengenai ide yang mengandung suatu nilai kebenaran, menarik, dan penting. Pada awal mulanya penyajian berita dimulai dari sebuah tulisan lalu dipublikasikan melalui media berkala. Seperti halnya surat kabar, televisi, radio, dan media online.

Macam-macam berita juga beragam topik, mulai dari politik, pendidikan, ekonomi, bisnis, hiburan, peristiwa, fenomena dan lain sebagainya. Perkembangan era digital membuat berita dapat tersampaikan dengan lebih cepat kepada pembacanya. Bahkan terkadang, berita bisa saja membanjiri siapapun di era digital ini.

Berita dapat dikatakan sebagai suatu bentuk produk jurnalistik. Menjadi seorang jurnalis di era digital, memiliki banyak tantangan tersendiri. Selain bersaing dengan kecepatan waktu, juga harus dapat menyampaikan berita dengan tepat dan akurat. Sehingga nilai berita yang ditulis tetap menyimpan kebenaran dengan data yang kuat.

Jenis-Jenis Berita

Daun.id

sumber; pexels.com

Berita memiliki banyak jenis untuk disajikan bagi para pembacanya. Berikut ini jenis-jenis berita :

- Straight news, merupakan suatu laporan berita yang memuat sebuah peristiwa. Berita ini sudah umum dibuat oleh beberapa media, namun cukup memenuhi unsur 5w+1h. Misalnya peristiwa alam atau beberapa kejadian kecelakaan.

- Depth news, sebuah berita yang mengembangkan dari suatu berita yang telah beredar. Jenis berita yang dimuat lebih mendalam dan tajam, sehingga mengandung pesan yang kuat. Jadi penulis berita ini akan lebih banyak mengantongi data terlebih dahulu.

- Opinion news, sebuah berita yang memuat sebuah pendapat atau pandangan seseorang terhadap suatu hal yang penting. Umumnya lebih sering disebut dengan opini, berita jenis ini lebih banyak ditulis oleh seorang cendekiawan, pejabat, profesor, para ahli, dan beberapa orang yang dianggap penting.

- Interpretative news, jenis berita ini memiliki titik fokus pada suatu masalah tertentu. Bisa juga berisi suatu peristiwa yang bersifat kontroversial dan dikembangkan melalui komentar hingga penilaian seorang wartawan. Sehingga berisi beberapa gabungan berita fakta dan interpretasi ahli.

- Investigation news, sebuah berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan penyelidikan yang mendalam dari banyak sumber. Untuk menulis berita ini, seorang wartawan harus pandai melakukan penyamaran dan membuat narasumbernya tak sadar sedang diwawancarai. Penggalian berita ini lebih banyak dilakukan dengan cara tersembunyi.

Cara Meembuat Berita

Daun.id

sumber; pexels.com

Membuat berita memang bukan pekerjaan yang dapat dilakukan dengan mudah. Seseorang haruslah memiliki beberapa keahlian tertentu terlebih dahulu. Sifatnya hangat atau terbaru yang berkembang di tengah masyarakat sesuai dengan fakta. Sehingga benar-benar menjadi suatu informasi yang layak untuk dikonsumsi oleh publik. Berikut ini langkah dalam membuat berita :

1. Mencari peeristiwa terhangat

Sebelum menulis berita haruslah mencari suatu yang hangat terlebih dahulu. Maksudnya, mencari suatu hal yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat atau suatu peristiwa yang baru saja terjadi. Selain hangat juga dapat memuat fenomena unik di sekitar Anda.

2. Mencari sumber berita

Jika sudah mengamati suatu perbincangan hangat yang sedang dibicarakan masyarakat, maka langkah selanjutnya mencari sumber berita tersebut beredar. Hal ini dilakukan untuk menemukan sebuah informasi yang beredar dengan tepat dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sehingga dapat menjadikan berita yang akan ditulis lebih akurat.

3. Melakukan penggalian data

Penggalian data dilakukan guna menemukan suatu informasi dengan lebih lengkap. Dalam tahap ini seorang jurnalis akan melakukan wawancara, observasi, hingga dokumentasi. Beberapa hal ini dilakukan agar dapat menulis peristiwa secara runtut, menggambarkan suatu peristiwa dengan yang sebenarnya, serta menemukan bukti visual sebagai penguat berita.

4. Memerhatikan unsur 5w+1h

Untik menulis berita harus benar-benar memerhatikan hal ini, sehingga muatan berita menjadi lebih lengkap. Berikut ini yang disebut 5w+1h; what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

5. Membuat judul berita

Judul memang terbilang sebuah kalimat singkat yang berada di pembuka kalimat. Setidak-tidaknya harus dapat mewakili seluruh isi berita yang sedang dimuat. Judul harus menarik dan sekreatif mungkin yang dapat menarik, sehingga dapat menarik minat pembacanya.

6. Membuat teras berita

Muatan yang ditulis pada alenia pertama ini juga menjadi pesan tersendiri yang dapat memengaruhi pembacanya. Sehingga pembaca terus tertarik dengan tulisan dan tak bosan membacanya hingga selesai. Umumnya pada alenia pertama akan memuat who (siapa) dan what (apa).

7. Membuat isi berita

Isi ini merupakan informasi secara detail mengenai suatu berita yang ditulis. Isi terdiri dari beberapa paragraf yang mengandung informasi secara detail dan runtun. Sehingga pembaca dapat mudah memahami berita yang disampaikan.

Itulah cara singkat dalam menulis sebuah berita. Salah satu teori menulis yang tepat ialah dengan memulainya secara langsung. Sebab menulis itu praktik, bukan sebuah teori. Jangan pernah ragu untuk memulainya, selamat mencoba !.


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 7 DESEMBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 03:57 SUBUH 04:07 DUHA 05:52 ZUHUR 11:46
ASHAR 15:12 MAGHRIB 18:00 ISYA 19:15  

Daun Media Network