8 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot, Mudah dan Simpel

"Yuk ketahui caranya"

Tech | 01 October 2022, 20:30
8 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot, Mudah dan Simpel

Kini mengerjakan apapun serasa kian lebih mudah dan cepat dengan menggunakan laptop. Dengan dilengkapi beberapa perangkat atau aplikasi. Kinerja laptop semakin menguntungkannya, selain mudah dibawa ke mana-mana.

Namun semakin lama tentunya kinerja tidak secepat atau sebagus formanya ketika pertama kali beli, atau digunakan. Hal inilah yang menyebabkan laptop menjadi cepat panas dan tak jarang lemot atau lelet. Yang membuat kesal si pemiliknya. Tak perlu khawatir beberapa tips di bawah ini bisa dipakai untuk bagaimana cara mengatasi laptop agar tak lemot:
Daun.id

sumber: pixabay

1. Ruang harddisk
Idealnya, harus ada ruang bebas 15% di harddisk. Jika harddisk mulai penuh, hapus beberapa program dan file bisa meningkatkan kecepatan laptop.

2. Ada berapa tab yang tidak terpakai?
Jika bekerja dengan proyek besar, sering banyak tab yang terbuka dan kadang lupa ditutup ketika sudah tidak terpakai. Padahal menutup tab bisa membuat kerja laptop lebih cepat. Jangan lupa juga untuk refresh browser.

3. Hapus file
File
sementara yang digunakan untuk proses instalasi, caches dan cookies dari internet juga memperberat kerja laptop. Untuk Mac, install aplikasi CCleaner untuk mengetahui temporary files dan menghapusnya. Untuk PC, klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.

4. Backup data
Backup data dengan memberi hard disk eksternal. Juga bisa memanfaatkan layanan online seperti Google Photos, Amazon Drive, Dropbox dan lainnya. Dengan begitu, RAM aman dan OS berjalan lebih baik.

5. Restart laptop
Daun.id

sumber: fotopribadi

Restart laptop bisa menyegarkan memori, ini bisa memberikan peluang juga untuk install update. Jika menggunakan laptop secara nonstop, sebaiknya restart seminggu sekali.

6. Hapus bahasa yang tidak digunakan
Cara sederhana untuk mengosongkan beberapa ruang operasi komputer adalah dengan menghapus bahasa yang tidak digunakan.

Di PC dengan OS Windows, lakukan langkah berikut: Settings app > Time & Language > Language > Windows Display Language. Pilih Bahasa yang kamu inginkan dan tetapkan sebagai Bahasa Default. Pilih Hapus bahasa untuk mengosongkan ruang di sistem Windows.

7. Bersihkan Cache Secara Berkala
Cache atau temporary files di dalam sebuah laptop harus dibersihkan secara berkala untuk membuat laptop menjadi lebih lancar. Bukalah File Manager, lalu klik kanan pada gambar di Harddisk (seperti Drive C atau D). Klik Properties lalu arahkan kursor pada tab General dan pencetlah tombol Disk Cleanup untuk membersihkan cache dan temporary files yang menumpuk.

8. Hindari Mengisi Media Penyimpanan Terlalu Penuh
Apapun bentuk dari media penyimpanan, apabila mengisinya terlalu penuh maka otomatis media penyimpanan tersebut akan menjadi lemot. Usahakan hanya untuk mengisi media penyimpanan sebatas maksimal 90 persen dari kapasitas yang tersedia untuk memastikan kinerjanya tetap terjaga dengan baik.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya