3 Cara Melihat DM yang Sudah Dihapus, Praktis Tanpa Ribet

"Tak perlu khawatir lagi"

Tech | 04 October 2022, 10:30
3 Cara Melihat DM yang Sudah Dihapus, Praktis Tanpa Ribet

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang hampir seluruh orang memilikinya. Dari masyarakat hingga para pejabat. Yang semua juga berlomba untuk menghias dan menata feed, untuk istilah penyebutan foto-foto yang diunggah di aplikasi tersebut.

Ditambah dengan banyaknya fitur semakin mempermudah untuk mengaplikasikan dan mengekspresikan diri di akun yang hampir dimiliki oleh jutaan orang di dunia. Satu di antaranya yaitu fitur DM, atau Direct Messenger. Yang biasa digunakanoleh seseorang untuk mengirimi pesan secara pribadi. Baik untuk menyampaik komentar terhadap story Instagram, atau postingan yang diunggah di feed.

Tak jarang pula terkadang banyak yang melakukan penataan terhadap tampilan Instagram. Di antaranya menghapus DM yang terlihat di pojok kanan beranda. Jika ada DM penting tak sengaja dihapus, tenang, kini bisa dilihat kembali DM tersebut.

Cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus adalah dengan mengunduh data pada akun yang digunakan. Sebenarnya, saat sudah menghapus pesan di DM, data pesan tersebut masih tersimpan di server IG. Berikut cara melihatnya:

1. Menggunakan Instagram Web
Cara melihat DM yang sudah dihapus di Instagram adalah masuk ke menu Pengaturan dan pilih Privacy and Security. Lalu, temukan Download Data.
Daun.id

sumber: fotopribadi

- Buka Instagram Lewat Aplikasi atau Web Browser
Buka Instagram lewat aplikasi atau web browser di HP yang digunakan. Masuk pada akun yang sedang login saat itu, kemudian buka ‘Pengaturan’. Pilih ‘Privacy and Security’ dari jendela pop-up. Lalu, gulir hingga ke bawah untuk menemukan ‘Download Data’.
Daun.id

sumber: fotopribadi

Daun.id

sumber: fotopribadi

Daun.id

sumber: fotopribadi

Pilih ‘Request Download’ dan lakukan verifikasi identitas. Setelah itu, masukkan alamat email untuk menerima tautan link ke file dengan foto, komentar, informasi profil, dan data lainnya di Instagram. Lalu, tekan ‘Next’.

- Instagram akan Mengirim Data Akun ke Email
Masukkan password dan tekan ‘Request Download’ sekali lagi. Nantinya, Instagram akan mengirimkan data-data akun ke alamat email yang tertera di IG.

Kemudian, buka inbox email dan akan menemukan email bersubjek ‘Your Instagram Data’. Buka email tersebut, lalu tekan tombol ‘Download Data’.

- File ZIP akan Masuk ke Penyimpanan Memori HP
Nantinya, data yang akan terunduh berupa file ZIP ke penyimpanan memori HP. Selanjutnya, ekstrak file dan buka folder tersebut. Terakhir, bisa menggunakan text editor untuk melihat DM yang sudah terhapus.

2. Menggunakan Facebook
Sebenarnya, juga melihat pesan yang terhapus lewat akun Facebook yang terhubung dengan akun IG. Caranya, cukup dengan menautkan akun Instagram dengan Facebook Messenger. Nantinya, setiap pesan yang sudah dikirimkan dan dihapus bisa kamu baca melalui aplikasi Messenger. Bisa melihatnya di bagian Inbox FB.

- Pertama, buka aplikasi facebook di handphone
- Berikutnya, masuk pada halaman kotak masuk facebook
- Pilih ikon Direct Message Instagram lalu klik ikon tersebut untuk melihat DM Instagram yang sudah terhapus.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan
Jika kedua cara di atas dirasa masih kurang untuk memenuhi, bisa langsung menggunakan aplikasi tambahan yang akan lebih mempermudah.

- Json Genie
Json Genie
merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fungsi untuk membaca, membuka, dan lain sebagainya. Dengan aplikasi ini, anda pun dapat melihat Dm pada Instagram yang sudah dihapus sebelumya dengan mudah. Berikut langkah-langkah cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus dengan aplikasi Json Genie:

> Install aplikasi Json Genie di Play Store bagi pengguna samrphone dan AppStore bagi pengguna Iphone
> Setelah terinstall, buka aplikasi Json Genie
> Lalu cari folder yang bersikan data Instagram di aplikasi
> Cari folder bernama messages.json
> Kemudian akan muncul semua DM di Instagram yang sudah dihapus

Daun.id

sumber: pixabay

- Fonelab Untuk Android
Fonelab
merupakan perangkat lunak yang dapat memulihkan data android yang tersedia untuk komputer Windows dan Mac. Dengan begitu, anda dapat memulihkan Dm Instagram yang sudah dihapus dengan aplikasi Fonelab.

Tidak hanya itu saja, anda juga dapat memulihkan beberapa pesan dari aplikasi lainya dan juga file lainya seperti file audio, video, foto, kontak, pesan, riwayat panggilan, dokumen dari perangkat anda yang lainya pada android.

- U.Fone Untuk Iphone
U.Fone
merupakan perangkat lunak yang dapat memulihkan data iPhone yang tersedia untuk komputer Windows dan Mac. Dengan aplikasi, ini anda dapat mengembalikan pasan yang terhapus pada akun Instagram milik anda pada iphone.

Selain itu, U.Fones juga dapat memulihkan beberapa pesan dari aplikasi lainya dan juga file lainya seperti foto, file audio, video, kontak, riwayat panggilan, dokumen dari perangkat, dan lain sebagainya yang bisa anda lakukan.

Instagram sendiri menawarkan untuk integrasi DM dengan layanan Messenger. Layanan ini sudah lama dirilis dan bisa langsung digunakan bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman tersebut. Yang kini ikon DM yang berupa pesawat kertas di kanan atas, yang telah berubah menjadi logo Messenger yang biasa kalian lihat sekarang ini. Menyerupai logo Messenger dari Facebook.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya