Cara Melihat Data MBR, Ketahui Langkah Pendaftarannya

"Berikut langkah praktis melihat data MBR."

Tech | 08 October 2022, 17:00
Cara Melihat Data MBR, Ketahui Langkah Pendaftarannya

MBR merupakan kepanjangan dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Masyarakat Berpenghasilan Rendah yang selanjutnya disingkat MBR adalah masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah.

Jadi tujuannya ialah untuk membantu masyarakat yang termasuk MBR dalam mendapatkan hak-haknya yang berupa bantuan materi maupun non materi. Sehingga dapat terwujudnya suatu kesejahteraan bagi masyarakat yang termasuk MBR. Program ini telah dicanangkan di Kota Surabaya, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakatnya yang diikategorikan MBR.

Data ini juga telah dimasukkan platform dan dapat dicek melalui platform yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya. Dalam hal ini kami akan memaaparkan tentang cara melihat MBR Kota Surabaya. Simaklah pembahasan di bawah ini.

Cara Melihat Data MBR

Daun.id

sumber; playstore

Data MBR penting untuk diketahui, setidak-tidaknya mengetahui diri sendiri termasuk bagiannya atau tidak. Berikut ini cara melihat data MBR Kota Surabaya:

- Bukalah peramban internet melalui google atau chrome.
- Klik kolom pencarian dan masukkan alamat ini; https://epemutakhirandata.surabaya.go.id/
- Selanjutnya, masukkan nomor NIK dan CAPTCHA pad kolom yang tersedia.
- Jika sudah dimasukkan, klik "cek".
- Selanjutnya akan muncul keterangan, apakah Anda sudah termasuk atau belum.
- Jika belum terdaftar, maka akan ada keterangan "data tidak ditemukan".

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui data MBR. Jadi tak perlu bingung lagi untuk mengetahui status Anda, cukup lakukan tutorial di atas.

Cara Pendaftaran MBR

Daun.id

sumber; playstore

Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai MBR juga dapat melakukan pendaftaran. Langkah ini dapat diilakukan, jika Anda benar-benar menjadi bagian dari MBR secara realittas lapangan. Berikut ini langkahnya:

- Hubungi ketua RT dan RW setempat di wilayah tempat tinggal Anda.
- Siapkanlah kartu KK dan KTP untuk didaftarkan melalui ketuaa RT dan RW.
- Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi e-pemutakhiran (situs MBR) dan dilakukan oleh RT/RW setempat.
- Selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi data.
- Dinas Sosial akan melakukan survey dan memberikan hasilnya. Jadi keputusan ada ditangan Dinas Sosial.

Demikianlah langkah yang dapat dilakukan untuk pendaftaran MBR Kota Surabaya. Jika masih bingung langsung saja datangi RT/RW setempat untuk meminta bimbingan sekaligus melakukan pendaftaran.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya