Cara Melihat Serial Number Laptop dan Komputer dengan Mudah

"Begini cara melihat serial number laptop dan komputer dengan mudah."

Tech | 20 October 2022, 18:01
Cara Melihat Serial Number Laptop dan Komputer dengan Mudah

Serial number merupakan nomer unik yang fungsinya adalah sebagai identitas dari sebuah produk. Setiap produk elektronik seperti laptop dan notebook, pasti memiliki serial number. Perlu kamu ketahui, setiap barang memiliki serial numbernya masing-masing dan tentunya berbeda-beda.

Pada kondisi tertentu serial number ini mungkin akan sangat dibutuhkan, misalnya pada saat ini. Meski demikian, banyak dari kita yang belum tau bagaimana cara melihat serial number laptop. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat serial number pada laptop dan komputer.

3 Cara Melihat Serial Number pada Laptop

Ada beberapa yang bisa kamu lakukan untuk melihat serial number pada laptop dan komputer. Nah, pada artikel ini kami akan mengulas cara mengetahui serial number pada laptop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Menggunakan Command Prompt (CMD)
Daun.id

istimewa

Cara pertama ini, kita akan menggunakan desktop app command prompt atau CMD. Aplikasi desktop yang dikenal dengan command line (baris perintah) ini dapat mengoperasikan semua perintah berbasis DOS yang diketikkan. Untuk melakukanya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Buka command prompt (CMD) Anda dengan cara klik search pada taskbar Windows Anda >> lalu ketik command prompt atau CMD >> lalu silakan pilih command prompt (CMD).

- Setelah command prompt terbuka, silakan ketik perintah berikut: wmic bios get serialnumber >> lalu tekan Enter pada keyboard Anda.

- Maka di bawahnya akan tampil serial number dari laptop kamu.

- berhasil

Menggunakan Powershell
Daun.id

istimewa

Pada cara kedua ini kamu juga menggunakan baris perintah atau command line menggunakan aplikasi desktop powershell. Walaupun keduanya mirip, namun powershell memiliki fungsi yang lebih kompleks dan dapat melakukan tugas yang lebih rumit dibandingkan dengan command prompt.

Agar dapat mengetahui serial number menggunakan powershell ini, dibutuhkan pula sebuah baris perintah atau kode. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Buka powershell dengan cara klik search pada taskbar Windows >> lalu ketik powershell >> lalu silakan pilih Windows Powershell.

- Setelah powershell terbuka, silakan ketik perintah berikut: gwmi win32_bios | f1 SerialNumber >> lalu tekan Enter pada keyboard.

- Setelah itu akan tampil serial number dari laptop kamu.

Melihat Di Bagian Bawah Laptop
Cara ketiga ini merupakan cara yang paling mudah, kamu dapat melihatnya di bagian bawah laptop kamu. Namun, cara ini tidak dapat dilakukan apabila stiker putih sudah terlepas dari laptop kamu.

Lihat pada belakang laptop kamu, lalu cari bagian yang memiliki stiker putih. Maka akan tampak serial number laptop.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya