6 Cara Mencari Ranking di Excel, Ketahui Rumus Terbaru

"Ranking di excel mudah dicari dengan langkah ini."

Tech | 27 October 2022, 18:11
6 Cara Mencari Ranking di Excel, Ketahui Rumus Terbaru

Menjadi seorang guru ketika tiba musim penerimaan raport siswa memerlukan pemberian ranking (peringkat) hasil belajar siswa. Kini di aplikasi excel dapat dilakukan secara otomatis, sehingga tak perlu lagi memilah satu per satu. Pada excel telah tersedia fungsi "RANK" yang dapat digunakan untuk menentukan ranking dari urutan tertinggi hingga ke rendah.

Langkah ini dapat dilakukan dengan mudah melalui excel dengan menggunakan rumus tertentu. Jadi rumus ini tak kalah pentingnya untuk dipelajari, sehingga dapat membuat ranking dalam waktu yang singkat. Langkah mebuat ranking sebenarnya cukup mudah dilakukan. Namun, belum tentu setiap pengguna excel mengetahui langkahnya.

Perlu diketahui bahwa microsoft excel memiliki berbagai versi, ada yang 2007 hingga 2010. Perbedaan versi ini, memiliki beberapa perbedaan fitur. Namun setiap versi ini tetap dapat digunakan untuk membuat ranking. Sahabat daun kali ini akan mengulas tentang langkah mencari ranking di microsoft excel.

Melalui versi excel 2010 ini ada langkah terbaru dalam mencari rank yaitu dari RANK.AVG dan RANK.EQ. Jika sebelumnya, rank lama digunakan untuk mengurutkan peringkat dengan data apa adanya. Sedangkan rank terbaru dapat mengurutkan peringkat dengan menambah rata-rata jumlah.

Cara Mencari Ranking di Excel

Daun.id

sumber; playstore

Excel merupakan sebuah aplikasi data terbaik dalam pengolaahan data. Saat akan digunakan untuk mencari ranking ada beberapa rumus yang perlu diterapkan. Berikut ini cara mencari ranking di excel:

1. Bukalah aplikasi excel berisi data angka yang akan dicari peringkatnya.

2. Selanjutnya masukkan rumus rangking excel, "RANK(number;ref;[order])".

3. Klik kolom pertama yang akan dicari peringkatnya.

4. Blok seluruh data yang akan dicari rangkingnya.

5. Jika kesemuanya sudah dilakukan, tinggal klik "enter".

6. Selesai, secara otomatis di excel akan mengurutkan sebuah peringkat atau rangking.

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk mencari ranking di excel. Untuk menghindari dalam pembuatan excel agar tidak ganda bisa melakukan langkah di bawah ini:

1. Pada excel, masukkan =RANK terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, ketik + dan masukkan rumus =COUNTIF

3. Kemudian klik data pertama yang ingin dicari rankingnya. Dalam hal ini tambahkan simbol $

4. Selanjutnya memasukkan data pertama yang ingin dicari rankingnya.

5. Isilah kriteria dengan kolom data pertama. Pada langkah ini klik baris pertama yang sama dengan sebelumnya. Ketik tutup kurung dan -1.

6. Selesai, Anda tinggal klik "enter".

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk mencari ranking di excel. Dengan adanya fungsi fitur ini dapat memudahkan kita untuk mencari ranking, sesuai dengan kebutuhan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya