Cara Mencari Gradien Pada Garis Lurus, Lengkap dengan Pembahasannya

"simak penjelasannya"

Tech | 28 October 2022, 09:13
Cara Mencari Gradien Pada Garis Lurus, Lengkap dengan Pembahasannya

Dalam dunia ilmu matematika, gradien adalah garis lurus yang memiliki kemiringan berdasarkan persamaan. Artinya, gradien menunjukkan nilai atau tingkat kemiringan pada garis lurus. Gradien merupakan bagian dari materi persamaan garis lurus. Persamaan garis dapat ditulis dengan y = mx + c, dengan m merupakan lambang gradien dari persamaan tersebut.

Pada koordinat kartesius, gradien akan menentukan bagaimana garis di koordinat tersebut. Gradien suatu garis bisa miring ke kiri, ke kanan, curam, dan landai. Arah dan kemiringan garis ini bergantung pada nilai komponen Y dan komponen X.

Pengertian lain tentang Gradien adalah nilai yang menunjukkan kemiringan suatu garis lurus. Persamaan garis bisa dituliskan dengan y = mx + c. Nah, gradien dinotasikan dengan huruf “m” dari persamaan garis tersebut. Nantinya, gradien akan menentukan seberapa miring sih suatu garis pada titik koordinatnya.

Bisa miring ke kanan atau ke kiri, dan bisa juga landai atau curam. Untuk garis yang miring ke kanan, maka gradiennya bernilai positif, sedangkan yang miring ke kiri akan bernilai negatif.

Daun.id

sumber: pinterest

Adapun angkah-langkah menentukan nilai gradien suatu garis yaitu:

• Komponen y bertanda + apabila bergerak ke atas

• Komponen y bertanda - apabila bergerak ke bawah

• Komponen x bertanda + apabila bergerak ke kanan

• Komponen x bertanda - apabila bergerak ke kiri

- Sifat-Sifat Gradien dari Dua Garis Lurus
Kedudukan suatu garis bisa tegak lurus dan sejajar. Kedua garis tersebut dapat membuat nilai gradien berhubungan. Sifat dua garis lurus dapat membantu menentukan gradien dari kedua garis.

1. Dua garis sejajar
Artinya, garis A dan B saling sejajar sehingga nilai gradien kedua garis tersebut memiliki nilai yang sama dan dapat dinyatakan dengan mA = mB.

2. Dua garis tegak lurus
Jika terdapat dua garis saling tegak lurus, kedua gradiennya dikalikan dan menghasilkan -1 atau mA x mB = -1.

- Rumus Mencari Gradien

Jika tadi kita sudah mengetahui rumus gradien garis dengan persamaan garis lurus seperti di atas, berikut ini dua macam rumus mencari gradien:

1. Rumus Gradien dengan Persamaan Linier
Terdapat dua macam bentuk persamaan garis linear atau garis lurus. Maka, cara untuk menentukan gradiennya pun berbeda, tergantung persamaan garisnya.

• Persamaan garis y = mx + c

Persamaan garis ini gradiennya mudah dicari karena merupakan koefisien dari variabel x, yaitu m. Misalnya:

- Garis y = 2x + 3 maka gradien garisnya adalah 2

- Garis y = -3x + 2 maka gradien garisnya adalah -3


• Persamaan garis ax + by + c = 0

Jika persamaan garisnya ax + by + c = 0, maka langkah pertama adalah mengubah persamaan garis tersebut ke dalam bentuk y = mx + c.

Jangan lupa untuk memperhatikan tanda +/- dari koefisien pada setiap variabel karena tanda ini akan berubah ketika pindah ruas persamaan.

Daun.id

sumber: pinterest

2. Rumus Gradien dengan Dua Titik
Diketahui dalam suatu garis terdapat dua titik yang melaluinya, misal (x1,y1) dan (x2,y2) maka gradiennya bisa dicari dengan rumus m = ∆y/ ∆x = y2 - y1 / x2 - x1.

Misalnya terdapat dua titik pada suatu garis, yaitu titik (-4,2) dan (3,5). Berapa gradien pada garis tersebut?


Pembahasan:


(x1,y1) = (-4,2)

(x2,y2) = (3,5)


Masukan angka ke dalam rumus m = ∆y/ ∆x = y2 - y1 / x2 - x1

m = 5-2 / 3-(-4) = 3/7


Jadi, gradien pada garis tersebut yaitu 3/7.


Itulah tadi rumus gradien dan cara mencari gradien pada garis lurus. Perhitungan gradien ini dapat berguna salah satunya untuk mencari tingkat kemiringan saat pembangunan tangga di rumah atau pembuatan jalan di area pegunungan yang ada tanjakan, turunan, dan belokan.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya