2 Cara Mencari Akar Kuadrat, Untuk Bilangan Bulat dan Desimal

"Langkah praktis mencari akar kuadrat"

Tech | 28 October 2022, 11:20
2 Cara Mencari Akar Kuadrat, Untuk Bilangan Bulat dan Desimal

Secara sederhananya, akar kuadrat bilangan ialah suatu bilangan hasil dari perkalian pada bilangan yang sama. Secara umumnya juga dapat disebut dengan bilangan pangkat 2, contohnya; √9 akar kuadratnya 3, √4 akar kuadratnya 2. Mengapa bisa demikian?, lebih lengkapnya akan diulas sahabat daun pada artikel ini.

Memang sekilas tampak rumit, akan tetapi kerumitan ini dapat terjawab dengan mudah ketika kita memahami rumusnya. Dalam matematika pembelajaran akar kuadrat diajarkan sebab memiliki kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Meski kecanggihan kalkulator terkadang memanjakan kita dalam menjawab persoalan matematika.

Namun kita sebagai manusia juga harus mandiri dalam menyelesaikan persoalan, tanpa harus bergantung pada kalkulator. Kali ini sahabat daun punya langkah praktisnya yang dapat kita pelajari bersama-sama. Dalam matematika ada yang namanya bilangan bulat (1), bilangan desimal (0,1), dan bilangan negatif (-1). Dalam hal ini kita akan mencari akar kuadrat jenis bilangan bulat dan desimal.

Cara Mencari Akar Kuadrat

Daun.id

sumber; pexels.com

Akar kuadrat telah dijelaskan sebagaimana di atas, nah sekarang kita akan mencari akar kuadrat bilangan tertentu. Berikut ini langkah mencari akar kuadrat.

1. Cara mencari akar kuadrat bilangan bulat

Untuk mencari akar kuadrat bilangan bulat ada beberapa rumus yang bisa dilakukan. Bisa dilakukan melalui pembagian dan perkalian, berikut ini langkahnya:

- Jika melalui perkalian, maka caranya seperti ini;

Akar kuadrat dari √9 adalah 3, artinya 3X3=9
Akar kuadrat dari √16 adalah 4, artinya 4X4=16
Akar kuadrat dari √25 adalah 5, artinya 5X5=25
Akar kuadrat dari √36 adalah 6, artinya 6X6=36
Akar kuadrat dari √49 adalah 7, artinya 7X7=49

Maka akar kuadrat merupakan hasil dari bilangan yang sama. Seperti halnya di atas.

- Jika melalui pembagian, maka langkahnya seperti ini;

Akar kuadrat dari √9 adalah 3, artinya 9:3=3
Akar kuadrat dari √16 adalah 4, artinya 16:4=4
Akar kuadrat dari √25 adalah 5, artinya 25:5=5
Akar kuadrat dari √36 adalah 6, artinya 36:6=6
Akar kuadrat dari √49 adalah 7, artinya 49:7=7

Demikianlah langkah dalam mencari akar kuadrat bilangan bulat. Untuk pembagian maupun perkalian sebenarnya, cara ini sama-sama mudahnya untuk dilakukan.

2. Cara mencari akar kuadrat bilangan desimal

Bilangan desimal ialah bilangan yang ditandai dengan koma, dalam hal ini memang agak rumit. Mari kita lihat seperti contoh di bawah ini:

- Melakukan tebakan dan proses eliminasi

Misalnya untuk mencari akar kuadrat dari bilangan √27. Maka lakukan perkiraan dengan 5(5x5=25), ternyata masih jauh dari angka 27. Selanjutnya kita coba dengan angka 6(6X6=36), ternyata malah melampaui lebih jauh. Kita coba dengan menambahkan koma (,) di belakang angka yang mendekati, misalnya 5,2X5,2=27,04 berarti akar dari 27=5,2

Itulah langkah dalam mencari angka kuadrat bilangan bulat dan bilangan desimal. Langkah-langkah di atas tergolong cukup praktis, selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya