Cara Mencari KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil, Lengkap Contohnya

"Cara mencari kelipatan persekutuan terkecil atau KPK sangat mudah, berikut ini adalah penjelasan beserta contohnya."

Life | 29 October 2022, 07:19
Cara Mencari KPK atau Kelipatan Persekutuan Terkecil, Lengkap Contohnya

Mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK akan menjadi pekerjaan yang sangat mudah jika kamu telah mengetahui dasar beserta rumus-rumsunya. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan kami tentang Cara Mencari KPK dengan mudah dan simpel.

Dalam mata pelajaran Matematika, memahami KPK adalah syarat wajib yang harus dipahami. Kelipatan adalah hasil dari sebuah perkalian bilangan bulat. Sementara Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK adalah sebuah bilangan terkecil yang merupakan kelipatan dari semua bilangan yang terdapat dalam sebuah kelompok bilangan.

Proses dalam mencari KPK, kamu harus bisa mengidentifikasi faktor-faktor dari semua bilangan yang sedang kamu kerjakan. Terdapat beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk menemukan KPK dari sebuah kelompok bilangan. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu untuk menemukan KPK.

Dengan Membuat Daftar Semua Kelipatan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika menggunakan cara ini adalah meneliti bilangan-bilangan yang kamu miliki. Cara ini sangat direkomendasikan ketika sendang mengerjakan soal dengan dua bilangan dengan nilai dibawah 10.

CONTOH:
Carilah Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari 8 dan 5!

1. Karena 5 dan 8 adalah sebuah angka di bawah 10, kamu dapat menggunakan cara ini.

Daun.id

kpk-0.jpg

2. Kelipatan 5 dan 8 diperoleh angka sebagai berikut.

5: 5,10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45

8: 8, 16, 24, 31, 40, 48, 56, 64
Daun.id

istimewa

3. Kelipatan dengan nilai terendah yang dimiliki oleh bilangan 5 dan 8 adalah 40, sehingga kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 5 dan 8 adalah 40.Daun.id

istimewa

Dengan Menggunakan Faktorisasi Prima

Langkah yang kedua ini tepat untuk kamu gunakan sebagai cara untuk menemukan KPK dari dua bilangan dengan nilai di atas 10. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menemukanya.

CONTOH:
Carilah Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari 20 dan 84!

1. Angka 20 dan 84 adalah angka yang lebih dari 10, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menemukan KPK.
Daun.id

istimewa

2. Kamu perlu memfaktorkan bilangan tersebut menjadi faktor-faktor prima.
Temukan faktor-faktor prima lalu kamu kalikan untuk menghasilkan bilangan pertama tersebut. Salah satu cara untuk memfaktorkan adalah dengan membuat sebuah pohon faktor. Setelah kamu melakukan pemfaktoran, tulis kembali faktor-faktor prima sebagai sebuah persamaan.

Dari angka 20 diperoleh faktor prima sebagai berikut: 20=2x2x5

Dari angka 84 diperoleh faktor prima sebagai berikut: 84=2x7x3x2
Daun.id

istimewa

3. Tulislah di bagian bawah faktor-faktor prima yang sama dari setiap bilangan.
Pertama tulislah faktor-faktor dari setiap bilangan sebagai bentuk perkalian. Sambil menuliskan setiap faktor, coretlah setiap bilangan yang sama dalam persamaan faktorisasi.

Sebagai contoh, faktor yang sama dari kedua bilangan adalah 2, jadi tulislah 2x di bagian bawah dan coretlah bilangan 2 yang ada dalam setiap persamaan faktorisasi. Setiap bilangan juga memiliki 2 yang kedua, jadi ubahlah kalimat perkalian tersebut menjadi 2x2 dan coretlah bilangan 2 yang kedua dalam setiap persamaan faktorisasi.
Daun.id

istimewa

4. Hitunglah kelipatan persekutuan terkecil.
Untuk menghitungnya, kalikan semua faktor dalam kalimat perkalian. Sebagai contoh, 5x2x7x3x2=420. Jadi, kelipatan persekutuan terkecil dari 20 dan 84 adalah 420.
Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya