Cara Mencari Jarak, Dilengkapi Rumus, Soal, dan Jawaban

"Cara cepat mencari jarak."

Tech | 02 November 2022, 10:06
Cara Mencari Jarak, Dilengkapi Rumus, Soal, dan Jawaban

Mencari suatu jarak ialah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Secara sederhananya jarak ialah perpindahan suatu objek dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya dalam waktu tertentu. Dengan mencari jarak kita dapat menemukan jarak tempuh dengan suatu benda dalam satu waktu tertentu. Untuk mencari jarak diperlukan menggunakan beberapa rumus.

Rumus mencari jarak ini terbilang cukup sederhana, hanya melibatkan perkalian dan pembagian dari suatu nilai. Jarak adalah suatu angka yang menunjukkan seberapa jauh perpindahan posisi suatu benda. Contoh sederhananya jarak antara kota B dengan kota S. Sedangkan dalam ilmu fisika, jarak juga dapat dikatakan sebagai suatu nilai yang merujuk pada luas cakupan tanah dari suatu benda.

Dalam prosesnya, terjadinya jarak dari titik satu ke titik lainnya melibatkan suatu proses perpindahan. Selain rumus jarak, dalam fisika juga ada rumus perpindahan. Namun rumus ini berbeda-beda, secara detailnya kami akan mencoba untuk mengulas di bawah ini.

Cara Mencari Jarak

Daun.id

sumber; pixabay.com

Untuk menemukan jarak dari satu titik ke titik lainnya diperlukan sebuah rumus yang dapat memudahkan untuk menemukannya. Dalam kehidupan sehari-hari mencari sebuah jarak dapat kita temui pada suatu kendaraan. Rumus mencari jarak, terbilang sederhana seperti berikut ini:

- Rumus-rumus yang berkaitan:

Jarak = Kecepatan x Waktu
Kecepatan = Jarak : Waktu
Waktu = Jarak : Kecepatan

Contoh soal 1:

Rudi bersama adiknya sedang mengendarai mobil selama 1 jam 30 menit. Saat berkendara, mereka melaju dengan kecepatan 70 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh mereka?

Penyelesaian:

Waktu = 1 jam 30 menit = 1,5 jam
Kecepatan = 70 km/jam
Jarak = ?

Jarak = Kecepatan x Waktu
Jarak = 70 x 1,5
Jarak = 105 km

Jadi jarak tempuh yang dihasilkan oleh mereka ialah sejauh 105 km

Contoh soal 2:

Aziz seorang pelari, melakukan lari selama 2 jam 15 menit. Sedangkan ia berlari dengan kecepatan 25 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh oleh Aziz?

Penyelesaian:

Waktu = 2 jam 15 menit = 2,15 jam
Kecepatan = 25 km/jam
Jarak = ?

Jarak = Kecepatan x Waktu
Jarak = 25 x 2,15
Jarak = 53,75 km

Jadi jarak tempuh Aziz adalah sejauh 53,75 km.

Contoh soal 3:

Seorang pemain sepak bola menendang sebuah bola, bola melaju selama 5,5 detik dengan kecepatan 5 meter/detik. Sejauh manakah bola akan terlempar?

Penyelesaian:

Waktu = 5,5 detik
Kecepatan = 5 meter/detik
Jarak = ?

Jarak = Kecepatan x waktu
Jarak = 5 x 5,5
Jarak = 27,5 meter

Jadi bola akan berada pada jarak 27,5 meter.

Demikianlah langkah-langkah dalam mencari sebuah jarak yang dilengkapi dengan rumus, contoh soal dan penyelesaiannya. Tak perlu kebingungan lagi untuk mencari jarak suatu benda, cukup lakukan langkah seperti di atas.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya