7 Cara Mencari Frekuensi Kumulatif, Dilangkapi Contoh Soal

"Langkah menemukan frekuensi kumulatif dengan mudah."

Life | 06 November 2022, 18:31
7 Cara Mencari Frekuensi Kumulatif, Dilangkapi Contoh Soal

Dalam sebuah statistika kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah frekuensi kumulatif. Kadang-kadang kita mengalami kerumitan tersendiri dalam memahaminya, melalui artikel ini kita akan mencoba mengulasnya dengan sederhana. Frekuensi kumulatif ialah suatu jumlah akhir atau jumlah terbaru dari setiap frekuensi hingga batas tertentu dalam sebuah kumpulan data.

Mungkin untuk cara mencarinya juga tak banyak orang tahu atau dapat melakukannya. Cara mencari frekuensi kumulatif ialah dengan cara menjumlahkan frekuensi kelas tersebut dengan frekuensi kelas-kelas sebelumnya. Pada frekuensi kumulatif kelas pertama nilai sama dengan kelas tersebut. Sedangkan frekuensi kumulatif kelas kedua nilai sama dengan jumlah frekuensi kelas pertama dan kedua.

Untuk frekuensi kumulatif kelas ketiga nilainya sama dengan jumlah frekuensi kelas pertama, kedua, dan ketiga. Untuk selanjutnya, begitu seterusnya. Setelah sekilas mengenalnya, mari kita coba untuk mencari frekuensi kumulatif agar memudahkan dalam pencarian. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mencari Frekuensi Kumulatif

Daun.id

sumber; pexels.com

Frekuensi kumulatif ini dapat dicari setelah terdapat suatu kumpulan atau kelompok data. Hal ini akan berguna bagi orang-orang yang melakukan sebuah penelitian. Untuk menyingkat waktu, berikut ini cara mencari frekuensi kumulatif:

1. Urutkanlah nilai-nilai dalam suatu kumpulan data, guna memudahkan bisa mengurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar.

2. Lalu menghitung frekuensi absolut dari setiap nilai. Maksudnya ialah dari banyaknya suatu nilai tersebut dalam kumpulan data (frekuensi absolut).

3. Menghitung frekuensi kumulatif nilai pertama, perhitungan frekuensi kumulatif dimulai dari nilai yang terkecil hingga yang terbesar.

4. Kemudian, hitunglah nilai frekuensi kumulatif yang berikutnya. Jumlahkan frekuensi absolut nilai dengan frekuensi kumulatif yang sebelumnya.

5. Mengulangi dalam menghitung keseluruhan frekuensi kumulatif dari semua nilai dan hitunglah setiap nilai berikutnya.

6. Memeriksa jawaban, pada frekuensi kumulatif akhir ini sama dengan banyaknya jumlah keseluruhan nilai.

7. Selesai, kini frekuensi kumulatif dari kumpulan data telah ditemukan.

Demikian langkah untuk mencari frekuensi kumulatif suatu kumpulan data. Cara di atas terbilang cukup mudah karena hanya melibatkan penjumlahan saja. Untuk memudahkan lebih lanjut, mari kita kerjakan contoh soal.

Contoh soal:

3, 5, 5, 5, 6, 8, 9, 9, 9, 9

Penyelesaian:

= 3 + 5
= 8 + 5
= 13 + 5
= 18 + 6
= 24 + 8
= 32 + 9
= 41 + 9
= 50 + 9
= 59 + 9
= 68

Dari data di atas, jadi dapat ditemukan nilai frekuensi kumulatif adalah 68

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya