Cara Mencari Harga Jual Produk Agar Raih Untung

"Untuk mencari atau menentukan harga jual relatif mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini."

Life | 07 November 2022, 19:37
Cara Mencari Harga Jual Produk Agar Raih Untung

Sebelum masuk pada pembahasan utama mengenai cara mencari harga jual, kamu harus memahami dulu apa pengertian dari harga jual.

Pengertian Harga Jual Yang Wajib Kamu Ketahui 

Menurut Mulyadi, dalam buku Akuntansi Biaya tahun 2005, pengertian harga jual adalah besarnya harga yang akan dibebankan kepada konsumen, dan diperoleh atau dihitung dari biaya produksi ditambah biaya non produksi, serta laba yang diharapkan.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa harga jual diperoleh dari hasil biaya produksi + biaya non-produksi + laba yang diharapkan.

Tantangan dan Hambatan Penentuan Harga Jual 

Menentukan harga per unit barang atau jasa meskipun terlihat mudah, tetapi dalam praktiknya bisa jadi sangat sulit, umumnya terdapat 2 tantangan.

- Pertama harga jual terlalu murah, dengan harga yang murah kita bisa jual lebih banyak. Namun sayangnya kita tidak dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan bahkan bisa kalah. Ini terjadi misalnya karena kesalahan perhitungan dengan biaya yang dikeluarkan.

- Harga jual terlalu mahal, otomatis ketika kita memprediksi harga jual yang terlalu mahal, karena dibandingkan dengan barang-barang lain atau penjual lainnya.  

Cara Mencari Harga Jual Produk 

Ada beberapa cara yang bisa dicoba dan digunakan untuk menentukan harga jual. Berikut ini adalah beberapa caranya:

Menentukan Harga Markup

Harga markup dapat dihitung sebagai persentase dari biaya akuisisi produk. Biaya perolehan dapat menjadi biaya pembelian barang atau jasa atau biaya produksi.

Langkah pertama dalam menambahkan persentase markup ke biaya produk adalah memutuskan berapa banyak markup untuk keuntungan kamu. Setelah memilih persentase markup, tentukan biaya produk, yang mencakup tidak hanya biaya barang, tetapi juga overhead jika ada biaya produksi, biaya penjualan, biaya umum dan biaya administrasi, termasuk tunjangan untuk hal-hal seperti kerusakan barang dan barang hilang. Berikut ini adalah rumusnya:

Harga Jual = Harga Perolehan + (Harga Perolehan x % Markup)


Menentukan Harga Margin
Berbeda dengan harga markup di mana harga markup kita menambah persentase ke harga akuisisi (modal), pada persentase harga margin diperoleh dari perbandingan harga jual dan harga akuisisi (modal).

Harga margin umumnya digunakan, karena sudah diketahui harga yang kita inginkan. Tetapi penting untuk melakukan perhitungan margin karena untuk membandingkan harga jual yang kita coba untuk menentukan harga perolehan sehingga harga kita tidak terlalu murah karena banyaknya kompetisi sehingga kita rugi atau terlalu mahal sehingga tidak bersaing.
Berikut Rumus Cara Menghitung Harga Margin:

Margin = (Harga Jual – Harga Perolehan) / Harga Jual


Menentukan Harga Keystone
Ini adalah metode pengaturan harga di mana sebuah produk diberikan harga dengan jumlah dua kali harga grosir atau biaya perolehan produk. Di Indonesia Metode ini sering ditemui dalam bisnis konsinyasi di mana barang yang dijual disimpan di Departement Store misalnya.

Sebenarnya harga keystone ini sama dengan markup, tetapi perbedaannya nilai markup yang sangat besar, misalnya harga jual 2 kali dari biaya perolehan atau markup 100%.

Harga yang dianjurkan Pemilik Merek
Jika kamu menjual barang dengan harga yang telah direkomendasikan oleh pemilik merek tindakan tersebut disebut sebagai MSRP (Manufacturing Suggested Retail Price). Namun bukan tidak berarti harus mengikutinya. Kamu masih harus menghitung biaya perolehan barang tersebut. Oleh karena itu metode perhitungan yang akan sangat membantu adalah menggunakan metode harga margin, sehingga kamu tahu keuntungan yang kamu dapatkan. 

Apakah semua penjual mengikuti harga yang disarankan oleh pemilik merek? Tentu saja tidak, karena jika bisnis ritel dijalankan dengan efisien dan dapat menghemat biaya, secara otomatis dapat menjual dengan harga yang lebih kompetitif.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya