Cara Mencari NIP Seseorang Termudah 2022, Praktis

"Cara mencari Nomor Indentitas Pegawai atau NIP sangat mudah banget, berikut adalah langkah-langkahnya."

Tech | 09 November 2022, 15:32
Cara Mencari NIP Seseorang Termudah 2022, Praktis

Nomor Identitas Pegawai atau NIP adalah nomor yang sangat penting untuk mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penting untuk selalu mengingat dan mengetahui NIP. Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan tentang cara melihat NIP. Berikut langkah-langkah mudahnya.


Pengertian dan Fungsi NIP

Pengertian Nomor Identitas Pegawai atau NIP adalah singkatan dari Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil. NIP diberikan pada tiap PNS sebagai identitas. Dalam NIP memuat tahun, bulan dan tanggal lahir, tahun dan bulan diangkat sebagai CPNS pertama kali, jenis kelamin dan nomor urut. NIP fungsi utamanya sebagai nomor identitas PNS. Selain itu, NIP juga berfungsi sebagai berikut:

- Sebagai pembinaan karier PNS, misalnya untuk menerima pelatihan khusus atau pendidikan lanjutan, tentu diperlukan identitas yang jelas.

- Sebagai nomor pensiun, sehingga pensiunan PNS bisa menerima pelayanan pensiun dengan mudah, karena identitasnya jelas.

- Sebagai nomor asuransi PNS, agar tiap PNS bisa mengakses asuransi yang sudah menjadi haknya dengan mudah saat dibutuhkan.

- Sebagai dasar pemeliharaan tata usaha kepegawaian yang lebih teratur.

- Karena NIP memiliki fungsi yang sangat penting bagi PNS, maka penting sekali cek NIP untuk memastikan semua data yang tertera telah sesuai.

3 Cara Melihat NIP Secara Mudah

Cara mengecek NIP, kamu dapat melihatnya secara online. Berikut 3 cara cek NIP secara online:

Cek NIP online melalui BKN
Daun.id

https://ip-jasn.bkn.go.id/

Kamu dapat melihat nomor NIP dari laman resmi khusus untuk database PNS yang dinamakan DJASN BKN. Ini dia cara mengecek NIP dan data pribadi PNS serta info lainnya melalui DJASN BKN:

- Buka laman resminya di https://ip-jasn.bkn.go.id/.

- Masukkan Nama Pengguna dengan NIP PNS.

- Masukkan password, yaitu nama depan PNS yang bersangkutan, semuanya harus menggunakan karakter huruf kecil.

- Klik Log In.

- Jika data yang dimasukkan sudah benar dan masuk ke dalam database paling baru dari BKN, maka sistem akan membawa kita ke info profil PNS yang bersangkutan secara lengkap.

Cek NIP online melalui e-Monri
Daun.id

https://apps.bkn.go.id/ProfilPNS

Cara kedua adalah lewat e-Monri, yaitu aplikasi monitoring berbentuk situs web yang dibuat BKN. Aplikasi ini sudah sering digunakan PNS di seluruh Indonesia untuk cek NIP, data diri dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara melihatnya:

- Masuk ke laman https://apps.bkn.go.id/ProfilPNS.

- Log in dengan cara memasukkan NIP di kolom yang tersedia.

- Klik code captcha.

- Tunggu sesaat, jika sudah terdaftar maka profil PNS akan muncul di layar.

- Data yang bisa dimutakhirkan lewat situs dan aplikasi ini adalah info personal, riwayat jabatan, riwayat pendidikan, riwayat diklat, dan kursus serta riwayat SKP dll.

Cek NIP online melalui Aplikasi My SAPK BKN
Daun.id

mysapk.bkn.go.id

Kamu juga bisa melihat NIP dan info pribadi lainnya dengan aplikasi My SAPK BKN. Cara melihatnya adalah sebagai berikut:

- Caranya adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasinya di Google Play Store.

- Setelah itu, masukkan username dengan NIP.

- Kemudian masukkan password.

Sama dengan laman resminya di mysapk.bkn.go.id, aplikasi ini lebih difungsikan untuk pemutakhiran data mandiri. berikut adalah cara melihat NIP dari laman webnya:

- Buka laman mysapk.bkn.go.id.

- Log in dengan cara masukkan Username menggunakan NIP.

- Lalu masukkan password.

- Jika sudah terdaftar, maka akan langsung masuk ke laman resminya.

- Klik “Profil” untuk mengecek profil lengkap PNS


- Di dalam Profil ada dua tab, yaitu Informasi Pribadi dan Informasi Dasar. Di dalam Informasi Pribadi bisa cek NIP, gelar (baik depan dan belakang), serta nomor NPWP.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya