Cara Mencari Titik Potong X dan Y Termudah, Lengkap dengan Contohnya

"Mencari titik potong sumbu X dan sumbu Y adalah materi dasar matematika yang penting untuk dipahami. Berikut adalah ulasanya."

Life | 10 November 2022, 19:11
Cara Mencari Titik Potong X dan Y Termudah, Lengkap dengan Contohnya

Ketika kamu mencari titik potong, sebelumnya kamu harus memahami apa itu persamaan garis. Persamaan garis lurus adalah persamaan yang membentuk garis lurus saat digambarkan dalam bidang Kartesius. Bentuk umum persamaan garis lurus adalah sebagai berikut:

Y = mX + C.


Secara umum, persamaan ini memiliki dua variabel yang masing-masing variabelnya punya pangkat (orde) tertinggi satu. Contohnya, 2x + y = 4, 3y = x - 6, x + y - 2 = 0, dan masih banyak lagi. 

Keterangan:
m = Gradien/kemiringan garis
X, Y = Variabel
C = Konstanta


Namun pada kesempatan ini kita akan berfokus pada cara yang dapat digunakan untuk mencari titik potong sumbu X dan sumbu Y. Simak ulasan ini sampai selesai.

Cara Mencari Titik Potong X dan Y dengan Garis


Menentukan Titik Potong dengan Sumbu X

Daun.id

titik potong

Perhatikanlah gambar grafik fungsi kuadrat y = - X - 5X - 4 (berwarna merah), grafik tersebut memotong sumbu x pada angka -4 dan -1, sehingga dapat dikatakan titik potong grafik fungsi kuadrat  y = - x² – 5x - 4 (yang berwarna merah) dengan sumbu x adalah : (-4,0) dan (-1,0).

Sama halnya dengan grafik fungsi kuadrat y = x² – 3x + 2 (yang berwarna biru), grafik tersebut memotong sumbu x pada angka 1 dan 2, sehingga dapat dikatakan titik potong grafik  fungsi kuadrat y = x² – 3x + 2 (yang berwarna biru) dengan sumbu x adalah : (1,0) dan (2,0).

Jika sebuah grafik kuadrat melaui sumbu -X, maka grafik tersebut memotong sumbu -X pada Y=0, atau koordinat titik p0tong grafik pada sumbu -X adalah 0.

Contoh:
Diketahui grafik y = 2x² + x - 6
Tentukan titik potong grafik pada sumbu x!

Jawab:
Grafik y = 2x² + x - 6, memotong sumbu x jika y = 0
Jadi,

2x² + x - 6 = 0
(2x - 3) (x + 2) = 0
2x - 3 = 0 atau x + 2 = 0
2x = 3                    x = -2
X = 1½


Jadi titik potong grafik y = 2x² + x - 6 pada sumbu x adalah (1½, 0) dan (- 2, 0)

Menentukan Titik Potong Sumbu Y
Daun.id

titik potong

Perhatikan gambar grafik  fungsi kuadrat y = - x² – 5x - 4 (berwarna merah), grafik tersebut memotong sumbu y pada angka -4, sehingga dapat dikatakan titik potong grafik  fungsi kuadrat y = - x² – 5x - 4 (berwarna merah) dengan sumbu y adalah : (0, -4).

Sama halnya dengan grafik  fungsi kuadrat y = x² – 3x + 2 (berwarna biru), grafik tersebut memotong sumbu y pada angka 2, sehingga dapat dikatakan titik potong grafik  fungsi kuadrat y = x² – 3x + 2 (berwarna biru) dengan sumbu y adalah : (0, 2).

Jika sebuah grafik kuadrat melalui sumbu-Y, maka grafik tersebut memotong sumbu -Y pada X=0 atau koordinat titik potong dengan sumbu -Y adalah X=0.

Contoh:
Diketahui grafik y = 2x² + x - 6
Tentukan titik potong grafik pada sumbu y!

Jawab:
Grafik y = 2x² + x - 6, memotong sumbu y jika x = 0
Jadi,
y = 2(0)² + 0 - 6
y = -6


Jadi titik potong grafik y = 2x² + x - 6 pada sumbu y adalah (0, -6).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya