Cara Mencari T Tabel, Ketahui Pengertian dan Cara Membacanya

"Agar kamu bisa mencari T Tabel lebih mudah, simak ulasan berikut ini sampai selesai."

Life | 11 November 2022, 16:20
Cara Mencari T Tabel, Ketahui Pengertian dan Cara Membacanya

T Tabel atau Tabel T merupakan sebuah metode yang sering digunakan di ilmu statistika. Tabel ini utamanya adalah digunakan untuk pengolahan data untuk mengetahui apakah variabel dalam data tersebut saling berhubungan atau tidak.

Metode ini juga menggunakan sebuah tabel yang disebut dengan tabel t dalam pengolahan datanya. Tabel tersebut hanya berisikan angka-angka sebagai acuan untuk menarik kesimpulan dari sebuah data.

Pengertian T Tabel dan Cara Penggunaanya

T Tabel adalah sebuah tabel uji coba yang dikembangkan oleh William Sealy Gosset. Awalnya tabel t merupakan perkembangan dari tabel Z. Tabel Z berguna untuk perhitungan data pada skala kecil. Dengan beberapa penyesuaian, tabel Z menggunakan distribusi lain yang hampir sama dengan distrbusi normal sebagai perhitungan sampel jumlah besar. Distribusi ini akhirnya menciptakan tabel t yang dapat membantu perhitungannya.

Dengan adanya hal tersebut, ia mencoba mengembangkan distribusi lain yang dianggapnya seperti distribusi normal sehingga akhirnya kita mengenal istilah tabel t untuk penghitungan sampel dengan skala besar.

Penggunaan T Tabel sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. T Tabel banyak memberikan manfaat bagi kita untuk melakukan hitung-menghitung yang dirasa rumit. Penerapan perhitungan pada tabel t salah satunya digunakan paling sering pada penelitian kuantitatif.

Penelitian kuantitatif memiliki data yang berupa angka dan perlu dilakukan perhitungan lebih lanjut. Data kuantitatif merupakan jenis data yang dapat diukur atau dihitung sehingga dapat diubah menjadi sebuah informasi atau penjelasan yang mulanya berbentuk angka menjadi sebuah kesimpulan dalam sebuah penelitian.

Cara Mencari T Tabel

Sebelum mencari t tabel secara manual, sejumlah parameter harus diketahui lebih dulu yang meliputi: Jumlah variabel penelitian (k), Jumlah observasi/data/responden (n), signifikansi menggunakan dua sisi (Sign) dan rumus mencari degree of freedom atau derajat bebas (Df = n - k).

Berikut adalah contoh cara menghitung t tabel secara manual:

Misalnya kita dihadapkan pada sebuah pengujian yang memiliki dua variabel penelitian terdiri dari: variabel dukungan sosial dan variabel kualitas hidup. Parameter yang diketahui selanjutnya yaitu jumlah data sebanyak 15 dengan taraf signifikansi 5% (pengujian dua sisi dengan begitu nilai signifikansi sebesar 0,025. Berdasar data-data tersebut akan dihitung angka t tabel.

Berikut ini adalah perhitunganya:
Daun.id

t tabel

Pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan nilai degree of freedom (df) memakai rumus (df = n - k). Dari data yang ada bisa diperoleh nilai df = 15 - 2 = 13. Sehingga nilai. df = 13. Kemudian kamu harus mencari taraf signifikansi untuk dua sisi sebesar 0,025. Untuk selanjutnya yaitu mencari nilai tabel t dengan melihat tabel berikut.

Daun.id

t tabel

Kita harus menarik garis lurus dari nilai signifikan dan nilai degree of fredoom (df) seperti yang terlihat pada tabel berikut.
Daun.id

t tabel

Hasil perhitungan menggunakan t tabel dengan jumlah variabel dua sisi dan jumlah data sebanyak 15. Taraf signifikasi dua sisi sebesar 0,025 yaitu 2,16037.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya