Cara Mencari Konstanta Pegas, Lengkap Rumus dan Contoh Soal

"Rumus ini memudahkan kita untuk mencari konstanta pegas."

Tech | 12 November 2022, 19:32
Cara Mencari Konstanta Pegas, Lengkap Rumus dan Contoh Soal

Konstanta pegas merupakan sebuah nilai konstanta yang diperoleh dari suatu perbandingan antara gaya dengan perubahan panjang pada suatu pegas. Tujuan mengetahui konstanta pegas ialah untuk mengetaahui perubahan panjang pegas saat menerima gaya. Atau juga untuk mengetahui besar gaya pada suatu pegas sesuai dengan perubahan panjang pada pegas.

Satuan yang digunakan dalam besar konstanta pegas ialah Newton per Meter atau disimbolkan (N/m). Materi ini seringkali diulas pada mata pelajaran fisika. Tentunya hal ini menjadi penting untuk kita pelajari. Sebab juga ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Jika kita amati dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pegas yang terdapa di shock motor atau kendaraan lainnya.

Dalam mencari konstanta pegas juga dibutuhkan beberapa rumus agar dapat lebih mudah dilakukan. Sahabat daun akan membahas tentang cara mencari konstanta pegas secara detail di bawah ini.

Cara Mencari Konstanta Pegas

Daun.id

sumber; pixabay.com

Sebelum memasuki langkah mencari konstanta pegas, kita perlu memahami rumusnya terlebih dahulu. Berikut ini rumus mencari konstanta pegas:

K = F/X

Keterangan:

k = Nilai Konstanta Pegas (N/m)
F = Besar Gaya yang diberikan ke Pegas (N)
X = Perubahan panjang pegas (m)

Rumus mencari nilai perubahan panjang pegas:

X = x2 - x1

Keterangan:

x2 : Panjang akhir pegas (m)
x1 : Panjang mula-mula pegas (m)

Guna memudahkan memahami rumus mencari konstanta pegas, mari kita coba dengan mengerjakan beberapa latihan soal di bawah ini!

Contoh soal:

Sebuah mobil memiliki shock dengan pegas sepanjang 30 cm. Ketika mobil berjalan, pegas menerima gaya sebesar 50 N. Pada saat itu panjang pegas berubah menjadi 33 cm. Carilah nilai konstanta pegas di atas!

Diketahui:

F = 50 N
x1 = 30 cm
x2 = 33 cm
K = ?

Penyelesaian:

Temukan perubahan panjang pegas terlebih dahulu:

X = x2 - x1
X = 33 - 30
X = 3 cm
X = 0,03 m

Menghitung konstanta pegas:

K = F/X
K= 50/0,03
K = 1.666,67 N/m

Itulah rumus dan contoh soal dalam mencari konstanta pegas. Rumus tersebut mudah dilakukan dan dapat diuji dengan membuat contoh soal sendiri di rumah. Selamat mencoba!

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya