Cara Mencari Regangan Tali dengan Mudah dan Cepat

"yuk simak"

Life | 17 November 2022, 06:43
Cara Mencari Regangan Tali dengan Mudah dan Cepat

Regangan (strain) ini merupakan ukuran perubahan relatif dari ukuran dan bentuk suatu benda yang mengalami tegangan. Bisa sebut juga regangan sebagai rasio dari pertambahan panjang dengan panjang mula-mula benda. Dari informasi ini bisa dipahami bahwa regangan ini adalah respon atau tanggapan suatu benda terhadap tegangan yang diberikan dari luar.

Regangan ini rasio perubahan panjang di benda elastis dari gaya tegangan dan berfokus pada perubahan panjangnya tersebut. Regangan ini juga termasuk dari bagian Hukum Hooke dalam Fisika. Berikut ini adalah bunyi Hukum Hooke:

“Jika gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas tidak melampaui batas elastis bahan maka pertambahan panjang pegas berbanding lurus atau sebanding dengan gaya tariknya”.

Jadi, Regangan merupakan sebuah perbandingan antara pertambahan panjang kawat dalam x meter dan panjang normal kawat dalam x meter. Munculnya suatu regangan karena ada gaya yang diberikan kepada benda ataupun kawat yang dihilangkan. Sehingga kawat itu akan kembali ke bentuk semula.

Rumus Regangan
Untuk mempermudah pemahaman tentang regangan, bisa perhatikan gambar suatu benda elastis yang diberikan gaya tegangan.
Daun.id

regangan tali

Gambar di atas ini menunjukkan kalau benda elastis itu mengalami pertambahan panjang dari gaya tegangan tersebut. Regangan yang dicari adalah perbandingan antara pertambahan panjang benda dengan panjang benda mula-mula. Bisa cari regangan dengan rumus berikut ini:

ε = ΔL/ Lo

Keterangan:
ε: Regangan
ΔL: Pertambahan panjang (m)
Lo: Panjang mula-mula (m)

Tambahan, pada daerah elastis besarnya tegangan berbanding lurus dengan regangan. Regangan ini tidak memiliki satuan atau disebut juga sebagai tidak berdimensi.

Contoh Soal

Soal 1
Sebuah karet dengan panjang mula-mula sebesar 150 cm ditarik oleh Nina. Akibatnya karet tersebut mengalami pertambahan panjang sebesar 5 cm. Berapakah regangan dari karet tersebut?

Diketahui:
Lo = 150 cm
ΔL = 5 cm

Ditanya: ε

Jawab:
Lo = 150 cm
Lo = 1,5 m
ΔL = 5 cm
ΔL = 0,05 m

ε = ΔL/ Lo
ε = 1,5/ 0,5
ε = 3
Jadi regangan dari karet tersebut adalah 3

Soal 2
Bila diketahui suatu tali dengan panjang mula-mula 250 cm mengalami regangan sebesar 0,012. Berapakah pertambahan panjang pada tali tersebut?

Diketahui:
Lo = 250 cm
ε = 0,012

Ditanya: ΔL

Jawab:
Lo = 250 cm
Lo = 2,5 m

ε     = ΔL/ Lo

0,012 = ΔL/ 2,5

ΔL = 0.03 m
Jadi pertambahan panjang pada tali tersebut adalah 0,03 meter.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya