Cara Mencari Luas Alas Tabung dan Contoh Soalnya

"Cari luas alas tabung secara mudah."

Life | 17 November 2022, 15:30
Cara Mencari Luas Alas Tabung dan Contoh Soalnya

Tabung merupakan salah satu bangun ruang yang sangat sering sekali ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Di dapur kamu dapat menjumpainya pada bentuk botol minuman. Di luar rumah, kamu umumnya huga melihat pipa yang juga bentuknya tabung. Terowongan juga memiliki bentuk tabung. Disayangkan apabila kamu tidak mengetahui bangun ruang yang satu ini. Terutama rumus luas alas tabung dan cara menghitungnya, serta tidak lupa juga contoh soal yang akan dapat membantu kamu paham dengab materi ini.

Akan tetapi, sebelum masuk ke sana sebaiknya apabila kamu mempelajari mengenai tabung. Kamu dapat mengetahui tabung sebagai bangun ruang yang mempunyai tutup dan alas yang bentuknya lingkaran berukuran sama dan diselimuti oleh sebuah persegi panjang.

Rumus luas alas tabung
Daun.id

Sumber: Canva

Luas alas tabung = p × r2

Contoh soal:
Daun.id

Sumber: Canva

Dalam membuat sebuah patung, perajin memakai sebuah batang pohon yang bentuknya seperti tabung dengan diameter 14 cm. Maka, tentukan luas alas dari batang kayu itu.

Jawaban:

Dari soal tersebut, kamu memperoleh informasi yakni:

d = 28 cm, maka jari-jarinya ialah r = 14 cm

Maka, kamu cukup memasukannya pada rumus.

Jawaban:

La = p × r2
La = 22/7 x 14 x 14
La = 616 cm2

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya