Cara Mencari Frekuensi Relatif, Ketahui Pengertian dan Contohnya

"Begini cara mudah untuk mencari frekuensi relatif. Lengkap dengan penjelasan dan contohnya."

Life | 19 November 2022, 10:17
Cara Mencari Frekuensi Relatif, Ketahui Pengertian dan Contohnya

Tujuan dari pembuatan tabel data adalah untuk memudahkan ketika membacanya, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Data dalam bentuk tabel juga memberikan kesan yang lebih rapi dan juga ringkas. Salah satu contoh dari bentuk tabel adalah tabel distribusi frekuensi. 

Tujuan dibuatnya tabel ini adalah untuk memperoleh informasi mendalam tentang sebuah data yang tidak bisa didapatkan secara cepat melalui data aslinya. Dalam tabel ditribusi frekuensi dikenal pula istilah frekuensi relatif.

Apa pengertian tabel distribusi frekuensi? Apa pengertian frekuensi relatif? Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang distirbusi frekuensi dan cara mencari frekuensi relatif.

Pengertian Distribusi Frekuensi dan Frekuensi Relatif

Menurut beberapa ahli, berikut ini adalah pengertian distribusi frekuensi dan frekuensi relatif. Distribusi frekuensi adalah tabel atau grafik yang menggambarkan jumlah individu dari setiap kategori dalam suatu data (Gravetter & Wallnau, 2000). Melalui distribusi frekuensi, akan terlihat apakah persebaran data terpusat di suatu area atau tersebar di seluruh area (Manikandan, 2011).

Frekuensi relatif adalah perbandingan banyaknya suatu kejadian dengan jumlah total kejadian. Melalui pendekatan frekuensi relatif, peluang suatu kejadian dapat dihitung. 

Rumus Frekuensi Relatif dan Contoh Soalnya

Frekuensi relatif dinyatakan dengan rumus:

FR = K/n


Keterangan;
Fr: Frekuensi Relatif

K: Banyak Kejadian

n: Banyak Percobaan

Contoh

Daun.id

dadu

Pada pelemparan dadu sebanyak 100 kali, muncul muka dadu bernomor 6 sebanyak 16 kali. Tentukan frekuensi relatif munculnya muka dadu bernomor 6!
Diketahui:

n = 100

K = 16

Jawaban:

fr = K/n

fr = 16/100

fr = 0,16

Jadi, frekuensi relatif munculnya muka dadu bernomor 6 adalah 0,16.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya