Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee, Begini Langkah Mudahnya

"Berikut ini adalah tips dan trik mudah cara mencari suplier pertama di Shopee. Simak sampai selesai!"

Tech | 23 November 2022, 21:18
Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee, Begini Langkah Mudahnya

Daun.id - Salah satu e-commerce raksasa yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah e-commerce Shopee. Kamu dapat melakukan aktivitas belanja dan juga menjual di Shopee sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk kamu yang ingin berjualan di Shopee, kamu bisa menyimak ulasan ini dengan seksama. Pada ulasan kali ini kita akan belajar bersama tentang cara mencari supplier tangan pertama di Shopee.

Pengertian Supplier

Apa itu supplier? Supplier merupakan pihak perorangan atau kelompok usaha yang memasok atau menyuplai produk barang atau jasa kepada bisnis lain baik itu ke perorangan atau perusahaan. Supplier ini juga disebut sebagai pemasok, supplier berperan penting dalam product life cycle, mulai dari mencari bahan mentah yang berkualitas di pasar hingga mempercepat proses produksi.

Pemasok atau supplier memiliki peran penting dalam setiap tahap siklus hidup produk. Siklus hidup produk adalah waktu yang dibutuhkan untuk membentuk produk hingga ada di pasaran. Berikut merupakan beberapa tugas yang dilakukan oleh pihak supplier:

- Menjamin ketersediaan bahan baku untuk sebuah perusahaan atau usaha.

- Memastikan bahan baku yang di supplai dalam keadaan baik dan layak.

- Mengatur proses penyimpanan bahan baku sebelum dikirim ke perusahaan yang membutuhkannya.

- Mengatur proses pengiriman bahan baku dengan cepat dan tepat waktu kepada pihak yang membutuhkannya.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee

Daun.id
istimewa

Mengetahui cara mencari dan menentukan supplier tangan pertama penting diketahui untuk kamu yang ingin memulai bisnis. Termasuk untuk kamu yang ingin membuka bisnis di aplikasi Shopee. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat mencari supplier Shopee tangan pertama.

- Tentukan Produk yang ingin Dijual
Sebelum mencari supplier, sebaiknya kamu menentukan lebih dulu produk apa yang ingin dijual. Jika sudah menentukan produk yang ingin kamu jual, kamu akan lebih mudah memfilter toko atau supplier mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

- Buka Aplikasi Shopee

Setelah kamu menentukan produk, kamu dapat memulai proses pencarian supplier dengan membuka aplikasi Shopee. Pastikan kamu telah memiliki akun Shopee dan sebuah toko online dengan informasi yang lengkap.

- Masuk ke Fitur Shopee Grosir

Kalo sudah masuk aplikasi Shopee, kamu bisa membuka fitur Shopee Grosir. Fitur tersebut disediakan Shopee untuk membantu pengguna dalam membeli dan menjual barang berjumlah besar. Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan barang dari supplier tangan pertama secara langsung.

- Lihat Semua Toko yang Terlaris

Setelah masuk ke menu Shopee Grosir, kamu akan mendapatkan beberapa rekomendasi toko. Kamu bisa mencari supplier tangan pertama dengan melihat toko mana yang menjadi toko terlaris. Kamu bisa mencarinya dengan mengklik “Cek Toko Terlaris”. Setelah itu Shopee akan memberikan pilihan produk dengan berbagai kategori yang terlaris. Kamu dapat memilih sesuai dengan produk yang ingin kamu jual.

Carilah toko mana yang menyediakan produk banyak dengan harga lebih rendah. Bisa jadi toko tersebut adalah supplier tangan pertama atau produsen langsung. 

- Pilih Sesuai Kategori yang Kamu Inginkan

Pilih toko sesuai dengan kategori produk yang ingin kamu jual. Dengan menggunakan filter pencarian sesuai kategori, kamu akan lebih mudah untuk mencari supplier yang sesuai dengan produk yang ingin kamu jual.

- Gali Informasi Tentang Toko Tersebut

Setelah menemukan toko supplier yang sesuai, cari informasi lebih lanjut mengenai toko tersebut dan produk yang ditawarkan. Misalnya kamu bisa melihat apakah toko online tersebut memiliki tanda star seller di Shopee atau tidak. Kamu juga bisa melihat performa pelayanan dan rating toko tersebut. Jika toko memiliki rating penilaian bintang 4.5 atau di atasnya dengan performa chat di atas 90% maka toko tersebut bisa menjadi pilihan yang baik.

- Hubungi Toko yang Kamu Tuju

Setelah menentukan toko yang ingin kamu pilih, kamu dapat menghubungi toko tersebut apakah membuka sistem reseller dan dropshipper atau tidak. Selain itu tanyakan juga terkait dengan jumlah barang yang tersedia dan bagaimana syarat untuk menjadi reseller atau dropshiper serta bagaimana sistem pengirimannya. 


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 7 DESEMBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 03:57 SUBUH 04:07 DUHA 05:52 ZUHUR 11:46
ASHAR 15:12 MAGHRIB 18:00 ISYA 19:15  

Daun Media Network