Viral! Momen Suporter Jepang Bersihkan Stadion Setelah Kemenangan Atas Jerman

"Ini bukan yang pertama. Mereka sudah sering melakukannya. Salut!"

Sports | 24 November 2022, 17:10
Viral! Momen Suporter Jepang Bersihkan Stadion Setelah Kemenangan Atas Jerman

Tim nasional Jepang secara mengejutkan memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan penting atas Jerman. Bermain di Khalifa International Stadium, Doha, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Samurai Blue menang 2-1. Setelah pertandingan, suporter memutuskan membersihkan tribun terlebih dulu sebelum pergi.

Pasukan Hajime Moriyasu comeback dengan dua gol dari Ritsu Doan dan Takuma Asano di babak kedua untuk merespons penalti Ilkay Guendogan di menit 33.

Jepang layak mendapatkan pujian atas penampilan di lapangan. Mereka juga pantas mendapar kredit khusus karena perilakukan suporter di tribun juga membanggakan. Bayangkan, saat penonton lainnya memilih pulang, mereka menyempatkan diri membersihkan stadion. Hal yang sama dilakukan pemain di ruang ganti.

FIFA memberikan apresiasi atas aksi pemain maupun suporter Jepang setelah kemenangan atas Jepang. Apalagi, ini bukan yang pertama. Di pertandingan pembukaan yang mempertemukan Qatar dengan Ekuador, beberapa pendukung Jepang juga membersihkan stadion. 

Bahkan, empat tahun lalu di Rusia, Jepang juga mencuri perhatian global setelah meninggalkan ruang ganti stadion dalam kondisi super bersih plus tulisan "terima kasih" dalam Bahasa Rusia. 

"Tidak hanya tiga poin yang berhasil diperoleh Jepang. Suporter mereka turut mengumpulkan sampah plastik dan botol yang berserakan di dalam stadion. #SaveThePlanet," tulis FIFA di Twitter.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya