Cara Mencari No UKG Secara Praktis, Tak Perlu Khawatir Saat Lupa

"yuk simak"

Tech | 25 November 2022, 11:05
Cara Mencari No UKG Secara Praktis, Tak Perlu Khawatir Saat Lupa

Nomor UKG atau kepanjangan dari Uji Kompetensi Guru (istilah dulu) yang sekarang telah berganti menjadi Nomor Pre-Test merupakan nomor yang diberikan kepada peserta untuk dapat mengikuti Seleksi PPG / Sertifikasi Guru.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Kemendikbud selalu melakukan pembenahan dan pembaruan terhadap sistem pendataan yang ada, baik data Satuan Pendidikan maupun data GTK. Sehingga memudahkan para Guru untuk memantau atau mengecek data miliknya secara online dengan cara yang sangat mudah. Seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu Cara Mencari Nomor UKG Guru.

Mencari nomor UKG bisa dilakukan melalui halaman dari SIMPKB (Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian & Berkelanjutan). SIMPKB sendiri merupakan sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. PKB pada dasarnya menjadi kendaraan utama dalam upaya membawa para guru pendidik pada perubahan yang diinginkan. Berikut langkah-langkah untuk mencari nomor UKG:
Daun.id

sumber: pixabay

1. Kunjungi laman portal layanan SIMPKB pada laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
2. Klik tombol Pencarian Data GTK, kemudian akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK
3. Masukkan nama lengkap, Pilih Provinsi dan Kota tempat
4. Klik tombol Cari GTK
5. Silakan cari data pada bagian hasil pencarian

Jika cara di atas masih kurang membingungkan, bisa menggunakan langkah-langkah yang berikut ini:

- Pastikan untuk terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik Pusat
- Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB
- Cari dan aktivasi akun SIM-PKB melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
- Masukan nama, propinsi, dan kota, lalu kemudian klik tombol CARI GTK
- Selanjutnya geser hingga ke bagian bawah halaman untuk melihat hasil pencarian, dan silakan lihat nomor UKG seperti pada gambar di bawah ini

Seperti yang disebutkan di atas, aktivasi akun SIMPKB terlebih dahulu. Apabila belum memiliki bisa mengikuti langkah berikut ini:

- Kunjungi halaman portal layanan SIMPKB di halaman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
- Klik pada tombol Registrasi Akun GTK, lalu akan diarahkan menuju halaman registrasi akun GTK
- Isikan nomor UKG dan tanggal lahir (pastikan telah mengetahui no UKG sebelumnya)
- Centang pada captcha “Saya Bukan Robot”
- Klik Register
- Selesai

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya