2 Cara Mencari KPK dan FPB Dengan Tabel, Kenali Tekniknya!

"Langkah praktis mencari KPK dan FPB dengan tabel."

Tech | 26 November 2022, 09:08
2 Cara Mencari KPK dan FPB Dengan Tabel, Kenali Tekniknya!

Pada saat membahas mata pelajaran matematika, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan istilah KPK dan FPB. KPK memiliki kepanjangan Kelipatan Persekutuan Terkecil, sedangkan FPB memiliki kepanjangan Faktor Persekutuan Terbesar. KPK secara sederhananya mencari suatu kelipatan bilangan terkecil. Sedangkan FPB dapat kita maknai mencari suatu persekutuan bilangan bulat yang terbesar.

Materi pembahasan kita kali ini, sudah diajarkan sejak berada di bangku dasar. Lebih tepatnya, pada saat kelas 4 SD. Sebenarnya materi ini bukanlah suatu hal yang rumit, jika benar-benar mau memahaminya. Seperti biasa, kita perlu memahami teknik-tekniknya lalu mengerjakan beberapa soal. Dalam hal ini, mencari FPB maupun KPK dapat dilakukan melalui beragam cara.

Nah, bagi kalian yang masih kebingungan dalam memahami materi ini, ada baiknya belajar bareng sahabat daun melalui artikel ini. Secara detail kami akan membahas tentang KPK dan FPB di bawah ini. Salah satunya dengan menggunakan tabel, coba perhatikan ulasan di bawah ini!

Contoh:

Daun.id

istimewa

Daun.id

istimewa

Cara Mencari KPK dan FPB Dengan Tabel

Daun.id

sumber; pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mencari KPK maupun FPB dapat ddilakukan melalui banyak cara. Salah satunya dengan menggunakan tabel yang kali ini akan kami bahas. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Cara mencari KPK dengan menggunakan tabel

Contoh Soal:

Tentukan KPK dari bilangan 16 dan 20

Penyelesaian:

Daun.id

istimewa

KPK = 2 x 2 x 2 x5
KPK = 2³ x 5
KPK = 40

2. Cara mencari FPB dengan menggunakan tabel

Tentukan FPB dari bilangan 36 dan 54

Penyelesaian:

Daun.id

istimewa

FPB = 2 x 3 x 3
FPB = 2 x 3²
FPB = 18

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk mencari KPK dan FPB suatu bilangan dengan menggunakan tabel. Pahami tekniknya seperti di atas, dan buatlah contoh soal di rumah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya