Kisah Argentina KW Jumpa Argentina ORI di Piala Dunia 2022

"Meksiko dipenuhi orang-orang Argentina. Siapa saja mereka?"

Sports | 26 November 2022, 11:20
Kisah Argentina KW Jumpa Argentina ORI di Piala Dunia 2022

Tim nasional Argentina akan menghadapi pertandingan krusial melawan Meksiko di Lusail Iconic Stadium, Doha, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB. Ini akan jadi pertandingan Argentina KW melawan Argentina ORI. Kok, bisa?

Pada Piala Dunia 2022, Meksiko mempekerjakan pelatih asal Argentina. Dia adalah Gerardo Martino. Nakhoda kelahiran Rosario, 20 November 1962, itu pernah melatih Brown de Arrecifes, Platense, Instituto de Cordoba, Libertad, Cerro Porteno, Colon de Santa Fe, Libertad, Paraguay, Newell's Old Boys, Barcelona, Argentina, hingga Atlanta United.

Gerardo Martino punya hubungan yang spesial dengan Lionel Messi dkk. Dia adalah pelatih yang secara khusus ditunjuk menukangi Barcelona setelah Tito Vilanova mengundurkan diri. Saat itu, Lionel Messi jadi alasan utama Barcelona.

Gagal menjuarai La Liga, Gerardo Martino berhenti. Tapi, beberapa bulan kemudian, dia melatih La Albiceleste. Lagi-lagi, faktor Lionel Messi yang membuat Gerardo Martino ditunjuk. Sayang, La Albicelesta hanya mampu menjadi runner-up Copa America 2015 dan Copa America Centenario.

Kini, di Piala Dunia 2022, Gerardo Martino melatih Meksiko. Di sana, dia tidak seorang diri. Dia membawa asisten-asisten asal Argentina. Sebut saja Jorge Theiler, Norberto Scoponi, Sergio Giovagnoli, Gustavo Pinero (pelatih kiper), hingga Juan Manuel Alfano dan Rodolfo Paladini (pelatih fisik).

Uniknya, aroma Argentina bukan hanya di jajaran pelatih. Meksiko di Piala Dunia 2022 juga memiliki pemain naturalisasi kelahiran Argentina. Dia adalah Rogelio Funes Mori.

Rogelio Funes Mori memiliki saudara kembar Ramiro Funes Mori, yang memilih membela Argentina. Lahir di Mendoza, 5 Maret 1991, keduanya pindah ke Amerika Serikat (AS) mengikuti sang ayah yang bekerja. Si kembar, memulai karier sepakbola dengan cara unik ikut reality show di televisi berjudul "Sueno MLS".

Itu adalah kontes untuk masuk ke salah satu klub MLS, FC Dallas. Dan, Rogelio Funes Mori  memenangkan acara itu setelah bersaing dengan 2.000 peserta lainnya.

Dari situlah karier Rogelio Funes Mori dimulai. Kemudian, River Plate mengajak bergabung. Selanjutnya, pindah ke Benfica dan sempat dipinjamkan ke Eskisehirspor. Dan, pada 2015, dia pergi ke Meksiko membela Monterrey. Di klub elite Liga MX inilah dia mendapatkan paspor Meksiko.

Rogelio Funes Mori sempat membela Argentina U-20 dan tim senior Argentina di sebuah laga uji coba melawan Brasil. Tapi,  itu bukan laga resmi FIFA. Jadi, kepindahan Rogelio Funes Mori ke Meksiko tidak menemui hambatan.

Karena itu, layak dinantikan bagaimana Rogelio Funes Mori dan Gerardo Martino akan melawan Argentina, yang membutuhkan kemenangan. Jika La Albiceleste kalah, Lionel Messi dkk akan mengucapkan selamat tinggal ada Piala Dunia 2022.  

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya