Bawa Poster Mesut Oezil, Fans Qatar Balas Aksi Demo Timnas Jerman

"Sekedar mengingatkan perlakuan Jerman kepada Lord Oezil"

Sports | 28 November 2022, 19:14
Bawa Poster Mesut Oezil, Fans Qatar Balas Aksi Demo Timnas Jerman

Para penggemar sepakbola dari sejumlah negara Arab "membalas" aksi tutup mulut tim nasional Jerman dengan membawa poster Mesut Oezil ke stadion. Contohnya, pada laga Jerman melawan Spanyol di Al Bayt Stadium, Doha, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

Tim asuhan Hansi Flick masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski bermain imbang 1-1 dengan La Furia Roja.

Uniknya, orang-orang yang hadir di tribun, bukan hanya pendukung Jerman maupun Spanyol. Beberapa warga lokal Qatar juga hadir. Mereka datang ke stadion tidak menyemangati Jerman atau Spanyol. Mereka hadir di Al Bayt Stadium demi menyindir aksi Der Panzer.

Meniru pose tutup mulut Jerman, fans membawa poster Mesut Oezil. Para penggemar menyoroti apa yang mereka nilai sebagai standar ganda Jerman terharap Mesut Oezil.

Sejarah mencatat, pada 2018, Mesut Oezil memutuskan pensiun dari sepakbola internasional setelah mendapatkan diskriminasi dari fans dan Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB). Itu terkait pertemuan mantan pemain Real Madrid dan Arsenal dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Foto Mesut Oezil dan Recep Tayyip Erdogan, plus kebijakan politik Turki yang dianggap kontroversial di Jerman, memicu masalah nasional besar. 

"Bagi saya, berfoto dengan Presiden Erdogan bukan tentang politik atau pemilihan. Ini tentang saya menghormati jabatan tertinggi di negara keluarga saya. Pekerjaan saya adalah pemain sepakbola, dan bukan politisi. Pertemuan kami bukanlah dukungan dari kebijakan apa pun," tulis Mesut Oezil saat itu. 

"Tapi, perlakuan yang saya terima dari DFB dan banyak orang (Jerman) lainnya membuat saya tidak mau lagi mengenakan seragam timnas ini. Saya merasa tidak diinginkan lagi. Saya berpikir apa yang telah saya capai sejak debut internasional pada 2009 telah dilupakan," tulis Mesut Oezil.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya