Mengapa Bukan Warna Bendera? Ini Alasan Timnas Jerman Gunakan Jersey Putih

"Ada makna filosofis dan historis yang sangat dalam."

Sports | 30 November 2022, 18:07
Mengapa Bukan Warna Bendera? Ini Alasan Timnas Jerman Gunakan Jersey Putih

Umumnya, tim nasional sepakbola sebuah negara akan menggunakan seragam yang identik dengan bendera negara. Contohnya, Indonesia dengan merah-putih atau Brasil dengan kuning. Tapi, ada beberapa negara yang memilih warna jersey tanpa memperhatikan benderanya. Salah satunya, Jerman.

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa Jerman memakai warna putih? Padahal, itu bukan warna pada bendera Republik Federal Jerman. Seperti yang terlihat, bendera Jerman terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hitam, dan kuning.

Tidak seperti Inggris, Belgia, Belanda, Amerika Serikat, Kamerun, dan banyak tim nasional lainnya, seragam Jerman tidak ada hubungannya dengan bendera negara.

Pertanyaannya, mangapa? Menggunakan seragam putih sudah dilakukan Jerman sejak lama. Bahkan, sejak pertama kali tim nasional dibentuk. Mereka tidak menggunakan seragam merah, hitam, kuning, seperti warna bendera negara karena ada kaitan dengan sejarah masa lalu.

Itu karena Jerman sebelum menjadi seperti sekarang bernama Prussia (Borussia). Wilayah lama Jerman sangat luas, membentang dari perbatasan Rusia modern di timur hingga perbatasan Prancis di barat. Sebagian Polandia dan Denmark, dulu merupakan bagian dari Kekaisaran Prussia.

Daerah ini dulunya memiliki benderah putih-hitam. Awalnya dengan salib di tengah. Kemudian, diganti dengan elang hitam.

Ketika tim sepakbola Jerman dibentuk pada 1899, mereka memutuskan untuk mengadopsi warna Prussia. Mereka tetap mempertahankannya, meski Prussia bubar dua dekade kemudian. Jerman tetap menggunakan kaus putih, celana hitam, dan logo elang hitam di dada.

Simbol-simbol Prussia juga bukan hanya ada di timnas. Beberapa klub sepakbola Jerman juga menggunakan nama Prussia (Borussia). Contohnya, Borussia Dortmund dan Borussia Moenchengladbach.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya