Benarkah AC di Stadion Piala Dunia 2022 Bikin Sakit? Ini Kata Pemain Brasil

"Inilah efek negatif teknologi.."

Sports | 30 November 2022, 20:49
Benarkah AC di Stadion Piala Dunia 2022 Bikin Sakit? Ini Kata Pemain Brasil

Daun.id - Tim nasional Brasil tampil perkasa di dua pertandingan awal Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Serbia dan Swiss. Tapi, kemenangan-kemenangan itu didapatkan dengan pemain yang tidak 100 persen bugar. Antony Matheus dos Santos menyebut, banyak anggota Selecao yang sakit akibat terpapar AC stadion.

Lingkungan Qatar yang berada di gurun dan panas membuat Piala Dunia 2022 benar-benar spesial. Biasanya, Piala Dunia dihelat pada Juni-Juli saat musim panas di Eropa. Tapi, kali ini November-Desember saat musim dingin.

Meski dalam kondisi musim dingin, suhu udara di Timur Tengah ternyata tetap tinggi. Banyak orang mengeluhkan panas ekstrim, kering, dan menyengat. Itu termasuk para pemain.

Demi mengatasi masalah itu, Qatar melakukan modifikasi terhadap stadion. Semua venue Piala Dunia dilengkapi AC. Alat yang menyerupai pipa-pipa besar, ditempatkan di pinggir lapangan untuk mengeluarkan udara dingin dari berbagai sudut dan menjangkau sebanyak mungkin area permainan.

Ada pula nozel yang dipasang di bawah kursi penonton untuk memberikan kelegaan dari panasnya gurun pasir.

Selain memberi kesejukan, teknologi pendingin ruangan di stadion-stadion Piala Dunia 2022 juga dikeluhkan para pemain Brasil. Bahkan, Antony dengan lugas menjelaskan keberadaan AC di stadion justru berdampak sangat buruk pada banyak pemain Selecao.

"Ini sedikit sulit. Saya akhirnya merasakan ketidaknyamanan selama beberapa hari yang sedikit membuat rumit. Pemulihan saya berjalan dengan baik dan saya semakin yakin dengan kondisi 100 persen akan segera didapat," ujar Antonydilansir ESPN Brazil.

"Saya sakit (sejak tiba di Qatar). Ini terkait tenggorokan. Itu karena AC (di stadion). Bukan hanya saya yang begini (sakit). Beberapa pemain lain juga batuk-batuk dan sakit tenggorokan," tambah Antony.

Brasil memang diketahui mengalami beberapa masalah penyakit ringan seperti flu, demam, hingga batuk. Itu termasuk Neymar, yang sedang memulihkan diri dari cedera pergelangan kaki. Megabintang Paris Saint-Germain (PSG) sempat menderita demam.

"Rasanya sangat sulit untuk saya karena sakit ini. Tapi, saya gembira bisa menjadi bagian penting dari tim. Kapan pun anda membutuhkan Antony, saya selalu siap," ujar pemain berusia 22 tahun ini.

Hebatnya, banyak pemain yang sakit ternyata tidak membuat Brasil loyo. Tim Samba sukses memenangi dua pertandingan fase grup pertama dengan mengalahkan Serbia 2-0 dan Swiss 1-0. Brasil menjadi tim kedua yang lolos ke babak 16 besar setelah Prancis. 

(andri ananto/anda)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network