Kenalkan Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia

"Sejarah dicatat wanita asal Prancis itu di Qatar."

Sports | 01 December 2022, 19:30
Kenalkan Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia

Saat tim nasional Jerman menghadapi Kosta Rika, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, sejarah bakal tercipta. Untuk pertama kalinya di Piala Dunia pria, wasit wanita, Stephanie Frappart, akan memimpin pertandingan. Dia dibantu Neuza Back dan Karen Diaz sebagai asisten wasit.

Dalam setiap aktivitasnya, FIFA selalu melakukan berbagai eksperimen. Setelah menjadikan Qatar tuan rumah, kini lembaga pimpinan Gianni Infantino tersebut memutuskan menunjuk wasit wanita.

Pengadil wanita yang beruntung itu adalah Stephanie Frappart. Wanita Prancis berusia 38 tahun itu akan melanjutkan karier di lapangan setelah beberapa hari lalu menjadi ofisial keempat pertandingan Meksiko vs Polandia. Itu juga sejarah baru di Piala Dunia.

Keputusan FIFA  tidak terlalu mengejutkan, meski ada juga Salima Mukansanga (Rwanda) dan Yoshimi Yamashita (Jepang). Rekam jejak Stephanie Frappart di lapangan hijau dan kepemimpinannya di lapangan menjadi pertimbangan utama Pierluigi Collina dari Komite Wasit FIFA.

Stephanie Frappart telah menuliskan namanya ke dalam buku-buku sejarah sepakbola setelah pada Maret 2021 menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu, Belanda mengalahkan Latvia 2-0 di Amsterdam.

Sebelumnya, pada Desember 2020, Stephanie Frappart menjadi ofisial wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pria ketika Juventus mengalahkan Dynamo Kyiv 3-0 di Turin.

Stephanie Frappart juga menjadi wasit pertandingan Piala Super Eropa 2019, yang mempertemukan Liverpool dengan Chelsea. Dia juga menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019 antara Amerika Serikat (AS) melawan Belanda.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya