Cara Mencari Luas Trapesium Sama Kaki dan Contoh Soalnya

"Cari luas trapesium yang mudah."

Life | 02 December 2022, 16:00
Cara Mencari Luas Trapesium Sama Kaki dan Contoh Soalnya

Trapesium merupakan salah satu bangun datar yang bentuknya segi empat, memiliki sepasang sisi sejajar, namun tidak sama panjang. Trapesium juga dikenal dengan trapezoid. Trapesium memiliki dua sisi yang sejajar, sehingga trapesium termasuk bangun ruang dua dimensi.

Trapesium sama kaki merupakan trapesium yang memiliki sepasang rusuk dengan panjang yang sama. Jumlah simetri lipat dan simetri putar di trapesium sama kaki masing-masing ialah satu. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui luas trapesium sama kaki. Namun, ketahui terlebih dahulu jenis dan rumusnya sebagai berikut:

Jenis-jenis Trapesium

Bangun datar trapesium terdiri atas beberapa jenis, yakni:

1. Trapesium siku-siku: Trapesium siku-siku mempunyai dua sudut siku-siku di antara keempat sudutnya. Tak hanya itu, di trapesium siku-siku ada rusuk yang posisinya sejajar tegak lurus dengan tingginya. Tidak ada simetri lipat di trapesium siku-siku, sedangkan simetri putar bangun tersebut jumlahnya satu.
2. Trapesium sama kaki: Trapesium mempunyai sepasang rusuk dengan panjang yang sama. Jumlah simetri lipat dan simetri putar di trapesium sama kaki masing-masing ialah satu.
3. Trapesium sembarang: Trapesium mempunyai panjang rusuk berbeda di keempat rusuknya. Tidak ada simetri lipat di trapesium sembarang, namun hanya simetri putar yang memiliki jumlah satu.

Rumus luas Trapesium Sama Kaki
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Luas Trapesium Sama Kaki = ½ × jumlah panjang sisi sejajar×tinggi
Atau
Luas Trapesium Sama Kaki = (jumlah panjang sisi sejajar × tinggi):2

Contoh soal 1:

Jika diketahui sebuah trapesium mempunyai sisi sejajar dengan panjang 25 cm dan tinggi 12 cm. Berapa luas trapesium sama kaki tersebut?

Jawaban:

Luas trapesium = ½ × jumlah panjang sisi sejajar × tinggi
L = ½ × (25 + 25) × 12 = 600 cm²

Contoh soal 2:

Diketahui sebuah trapesium mempunyai sisi sejajar dengan panjang 18 cm serta tinggi 6 cm. Berapa luas trapesium sama kaki itu?

Jawaban:

Luas trapesium = ½ × jumlah panjang sisi sejajar × tinggi
L = ½ × (18 + 18) × 6 = 39 cm²

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya