Cara Mencari Modus di Excel, Lengkap Rumus Contoh dan Penjelasannya 

"Mencari resume di softwere Excel sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan."

Tech | 02 December 2022, 16:20
Cara Mencari Modus di Excel, Lengkap Rumus Contoh dan Penjelasannya 

Modus adalah data yang paling sering muncul. Menurut Sugiarto dkk (2001:132-133) Modus adalah nilai yang mempunyai frekuensi terbesar dalam suatu kumpulan data. Fungsi dari modus adalah untuk mengetahui tingkat keseringan terjadinya suatu peristiwa. Modus dapat digunakan untuk semua skala pengukuran data mulai dari nominal hingga rasio.

Pada kumpulan data yang terinput pada file Excel, kamu dapat mencari modus di Excel dengan menggunakan sebuah rumus. Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan tentang cara mencari modus di Excel.

Cara Mencari Modus di Excel

Saat mengerjakan sebuah kelompok data angka di Excel, rumus yang harus ketahui adalah rumus untuk menghitung modus dari data tersebut. Jika kamu telah menguasai cara untuk menjalankan proses perhitungannya di Excel, kamu bisa mendapatkan hasilnya dengan mudah dan cepat.

Ketika kamu ingin mencari nilai modus dari sebuah data di excel, maka ada dua cara yang dapat kamu gunakan. Pertama, kamu dapat menentukan modus dari data tunggal menggukan fungsi atau rumus MODE dan yang kedua menggunakan rumus modus untuk data kelompok. Berikut ini adalah cara mencari modusl di Excel.

Mencari Modus Data Tunggal di Excel
Untuk menemukan modus data tunggal di excel sangat mudah. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa anda bisa menggunakan fungsi MODE. Anda juga tidak perlu mengurutkan data tersebut atau menghitung banyaknya pengulangan. Karena anda akan langsung menemukan berapa nilai Modus Data Tunggal tersebut dan berapa banyak pengulangannya. Nah, untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama silahkan masukan input data tersebut di lembar kerja excel.
  • Misalkan kamu memiliki data dimana letak awal data adalah di A1 dan akhir data di H10.

Daun.id

istimewa

  • Rumus untuk menentukan Modus Data Tunggal dari data tersebut adalah =MODE.SNGL(A1:H10).

Daun.id

istimewa

  • Dari hasil perhitungan excel di dapat bahwa nilai modusnya adalah 80.
  • Untuk mengetahui berapa kali angka 80 muncul, maka kamu bisa menggunakan rumus =COUNTIF(A1:H10;MODE.SNGL(A1:H10))

, Jumlah angka 80 muncul sebanyak 6 kali.

Daun.id

istimewa

Catatan: Untuk Rank data seperti A1:H10 di sesuaikan dengan data milik anda. Jika data awal anda ada di A2 dan data akhir ada di H11 maka rank data adalah A2:H11.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya