Jelaskan Cara Mencari Keliling Bangun Datar Segitiga

"Rumus sederhana mencari keliling segitiga."

Tech | 05 December 2022, 07:51
Jelaskan Cara Mencari Keliling Bangun Datar Segitiga

Dalam pembahasan rumus pada mata pelajaran matematika pasti sudah tidak asing dengan bangun datar. Bangun datar segitiga terdiri dari tiga buah sisi yang saling terhubung satu sama lain. Sedangkan untuk menentukan keliling suatu bidang datar ini dapat dilakukan dengan menjumlahkan panjang keseluruhan sisi yang ada.

Segitiga sebagai suatu bangun datar juga memiliki beberapa jenis yang tak kalah pentingnya untuk diketahui. Jenis segitiga ini dapat dibedakan berdasarkan dua jenis yaitu sisi dan sudut. Berikut ini jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi:

1. Segitiga sama kaki ialah suatu bangun datar yang terdiri dari tiga sisi yang memiliki dua sisi sama panjangnya. Selain itu juga memiliki sudut yang saling berhadapan.

2. Segitiga sama sisi ialah sebuah bangun datar yang terdiri dari tiga sisi dengan memiliki panjang sisi keseluruhannya sama. Ketiga besar sudutnya memiliki besaran sudut yang sama.

3. Segitiga sembarang ialah sebuah bangun datar yang terdiri dari tiga sisi, ketiga sisinya memiliki panjang yang tidak sama. Besar sudutnya juga tidak sama ketiga-tiganya.

Sedangkan jenis segitiga berdasarkan besar sudut ialah sebagai berikut ini:

4. Segitiga lancip, sebuah segitiga yang memiliki tiga sudut sama lancipnya. Sudut lancip ini berkisaran sekitar 0 hingga 90 derajat.

5. Segitiga tumpul, sebuah segitiga yang salah satu sudutnya memiliki sudut yang tumpul. Sudut tumpul ini berkisaran 90 hingga 180 derajat.

6. Segitiga siku-siku, sebuah segitiga yang memiliki salah satu sudutnya terdiri dari 90 derajat.

Itulah jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi dan besaran sudut. Ketahuilah ragam jenis tiga, sehingga dapat membedakan dengan benar.

Cara Mencari Keliling Bangun Datar Segitiga

Daun.id

sumber; pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa segitiga memiliki beberapa jenisnya. Untuk menemukan sebuah keliling bangun datar segitiga dapat menggunakan rumus berikut:

K = a + b + c

Keterangan:

K = keliling
a = sisi a
b = sisi b
c = sisi c

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita uji dengan mengerjakan beberapa latihan soal di bawah ini.

Contoh soal:

1. Sebuah segitiga sama kaki memiliki panjang sisi a = 5, b = 5, c = 3. Tentukan keliling segitiga sama kaki di atas!

Diketahui:

sisi a = 5
sisi b = 5
sisi c = 3
K = ?

Penyelesaian:

K = a + b + c
K = 5 + 5 + 3
K = 13 cm

2. Sebuah segitiga sembarang memiliki sisi a = 3, b = 5, c = 7. Tentukan keliling segitiga tersebut!

Diketahui:

Sisi a = 3
Sisi b = 5
Sisi c = 7
K = ?

Penyelesaian:

K = a + b + c
K = 3 + 5 + 7
K = 15 cm

Demikianlah langkah dalam mencari bangun datar segitiga. Ketahui ragam jenisnya beserta rumus sehingga dapat menemukannya dengan akurat. Buatlah contoh soal sendiri di rumah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya