Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir, Dijamin Praktis

"simak yuk untuk lebih lanjutnya"

Tech | 06 December 2022, 08:09
Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir, Dijamin Praktis

Daun.id - Kemajuan teknologi memang dapat banyak membantu manusia, namun tak dapat dipungkiri terkadang juga membingungkan. Banyak yang bertanya-tanya terkait persoalan mencari NIK KTP melalui nama lengkap seseorang. NIK memiliki kepanjangan yaitu Nomor Induk Kependudukan, NIK sendiri merupakan sebuah nomor identitas yang sangat penting untuk dimiliki penduduk.

Nomor identitas atau Kode penyusun NIK ini terdiri dari 16 digit yang diambil dari: 
- 2 digit awal merupakan kode provinsi 

- 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten 

- 2 digit sesudahnya kode kecamatan 

- 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40) 

- 4 digit terakhir merupakan nomor urut orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan, dimulai dari 0001  

NIK memiliki kegunaan yang sangat penting sebagai pelengkap berkas atau dokumen tertentu. Misalnya, saat mendaftar aplikasi tertentu, melamar pekerjaan, mendaftar bank, dan beberapa keguanaan lainnya. Jadi NIK ini sangat penting untuk dijaga kerahasiaannya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Warga Negara Indonesia (WNI), baru bisa mendapatkan KTP ketika sudah berusia minimal 17 tahun. Jadi ketika sudah memasuki usia 17 tahun, KTP baru akan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL). Sering munculnya pertanyaan "apakah mencari NIK KTP berdasarkan nama dapat dilakukan?". Nah, sahabat daun akan mencoba melakukan beberapa penelusuran dari beberapa sumber.

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama
 


Daun.id
Sumber; Playstore


Beberapa sumber coba kami akses, hingga melalui website resmi Kemendagri. Namun, cara mencari NIK KTP berdasarkan nama tidak ditemukan oleh sahabat daun. Mencari NIK KTP berdasarkan nama hanya dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi kantor desa setempat (sesuai alamat KTP). Dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada para petugas yang berada di kantor desa.
 
 Artinya mencari NIK KTP berdasarkan nama tidak dapat dilakukan berdasarkan nama saat melalui online. Jika Anda kehilangan KTP sebaiknya langsung melapor ke petugas yang ada di kantor desa. Mintalah surat keterangan dari desa, lalu lanjutkan membuat laporan kehilangan ke polsek terdekat dan diteruskan ke kantor kecamatan terdekat.

Dengan langkah ini, Anda dapat mengajukan permohonan untuk penerbitan KTP melalui kantor kecamatan. Agar dapat diterbitkan KTP baru, dokumen di atas harus dilengkapi. Selanjutnya tunggulah beberapa minggu untuk mendapat KTP baru yang nantinya nomor NIK secara otomatis sudah tertera di dalamnya.

Bisa juga menggunakan cara di bawah ini:
Daun.id
Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir
Untuk lebih lanjutnya simak di bawah ini:

1. Cara Cek NIK KTP Via WhatsApp 

Mengecek NIK KTP bisa dilakukan melalui WhatsApp dengan mengontak ke nomor Dukcapil pusat. Cara ini terbilang mudah, hanya cukup membuka aplikasi WhatsApp di Ponsel dan mengirim pesan dengan cara dan format sebagai berikut:

- Buka aplikasi WhatsApp di ponsel 
- Ketik nama lengkap sesuai dengan KTP
- Ketik NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota
- Kirim ke nomor WhatsApp 0813-2691-2479 

2. Cara Cek NIK KTP Via Website 

Terdapat situs layanan resmi dari Disdukcapil sesuai dengan wilayah di mana KTP berada. Bisa juga melakukan pengecekan pada website Disdukcapil sesuai daerah masing-masing, karena setiap daerahnya memiliki website yang berbeda-beda. Nantinya tinggal mencari menu pengecekan NIK di website tersebut dan mengetikkan 16 digit NIK di kolom yang tersedia dan informasi data kependudukan pun bisa terlihat di layar.

Berikut beberapa daerah di Indonesia dan website resminya. Misalnya:
- Bekasi= bekasikota.go.id/ceknik 
- Bandung= disdukcapil.bandung.go.id 
- Serang= disdukcapilonline.serangkota.go.id/layanan/checknik 
- Surabaya= dispendukcapil.surabaya.go.id 
- Tangerang Selatan= kependudukan.tangerangkota.go.id

3. Cara Cek NIK KTP Online Via Email 

Pengecekan NIK KTP secara online juga bisa dilakukan melalui email. Bisa juga melakukannya dengan mengirim email ke Disdukcapil. Isi email yang akan dikirimkan untuk mengecek NIK KTP dengan format berikut:

- Silakan buka aplikasi email dan klik kirim pesan
- Ketik #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon# Keluhan di badan email
- Kemudian kirim ke email Disdukcapil di callcenter.dukcapil@gmail.com 

4. Cara Cek NIK KTP Online Via Call Center 

Cara cek NIK KTP online yang terakhir adalah dengan menghubungi hotline Disdukcapil di nomor 1500-537, namun siapkan pulsa untuk menghubungi karena layanan ini berbayar alias tidak gratis. 

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network