Cara Mencari Diameter Kerucut, Dilengkapi Rumus dan Contoh Soal

"Temukan diameter kerucut dengan rumus ini."

Tech | 06 December 2022, 08:18
Cara Mencari Diameter Kerucut, Dilengkapi Rumus dan Contoh Soal

Kerucut ialah suatu bangun ruang tiga dimensi yang memiliki ruang, alas bangun ruang kerucut ini memiliki alas yang berbentuk lingkaran. Karena beralaskan bangun datar lingkaran, maka terdiri dari diameter, jari-jari, hingga keliling. Pada umumnya dalam pembahasan bangun ruang tiga dimensi, rumus yang sering muncul ialah mencari volume.

Selain beberapa hal di atas, bangun ruang kerucut juga terdiri dari beberapa hal lainnya. Seperti tinggi, luas permukaan, garis pelukis dan lain sebagainya. Sisi tegak kerucut ini terdiri dari sisi miring yang dalam hal ini disebut dengan selimut kerucut. Selanjutnya dapat kita simpulkan kerucut memiliki dua sisi dan satu rusuk.

Akan tetapi kali ini kita fokus membahas tentang mencari diameter kerucut. Sebelum masuk lebih jauh, mari kita mengenal ciri-ciri kerucut terlebih dahulu:

- Kerucut terdiri dari dua sisi.
- Kerucut terdiri dari satu rusuk.
- Kerucut memiliki jaring-jaring kerucut yang berbentuk lingkaran dan kerucut.
- Kerucut memiliki satu titik puncak yang berada pada bagian atas.
- Kerucut memiliki bentuk linmas dan memiliki alas dengan bentuk lingkaran.

Itulah ciri-ciri bentuk kerucut yang dapat kita ketahui. Kenali ciri-cirinya agar lebih mudah dalam mencari diameter kerucut.

Cara Mencari Diameter Kerucut

Daun.id

sumber; pixabay.com

Untuk mencari suatu diameter kerucut dapat dilakukan dengan menggunakan suatu rumus. Diameter merupakan suatu unsur yang terdapat pada bangun datar lingkaran. Sedangkan lingkaran ini menjadi alas bangun kerucut. Jadi mencari diameter kerucut dapat menggunakan rumus diameter lingkaran. Berikut ini rumus-rumusnya:

d = 2 x r

Keterangan:

d = Diameter lingkaran
r = Jari-jari lingkaran

Jika melihat rumus yang disuguhkan di atas, diameter lingkaran merupakan dua kali dari jari-jari lingkaran. Agar dapat memahami lebihh mendalam, mari mengerjakan latihan soal di bawah ini!

Contoh soal:

Sebuah kerucut memiliki alas yang berbentuk lingkaran. Diketahui jari-jarinya ialah 5 cm, tentukan diameternya!

Diketahui:

r = 5 cm
d = ?

Penyelesaian:

d = 2 x r
d = 2 x 5
d = 10 cm

Melalui cara di atas, diameter kerucut dapat diketahui sepanjang 10 cm.

Demikian langkah yang dapat dilakukan dalam mencari suatu diameter kerucut. Selanjutnya buatlah latihan soal sendiri agar dapat lebih mudah dalam memahami cara mencari diameter kerucut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya