2 Cara Mencari Jurnal di Sinta dengan Mudah dan Cepat

"Kamu dapat mencari Jurnal di Sinta secara mudah."

Tech | 06 December 2022, 13:10
2 Cara Mencari Jurnal di Sinta dengan Mudah dan Cepat

SINTA (Index Sains dan Tehnologi) atau Jurnal Sinta merupakan riset berbasiskan situs yang diciptakan dalam menghitung performa beberapa periset, instansi, dan Jurnal Ilmiah di Indonesia. Jurnal Terindeks Sinta atau jurnal terakreditasi sinta merupakan jurnal yang telah terakreditasi oleh mekanisme ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang dijalankan oleh Ristekbrin.

Adapun cara mencari Jurnal di Sinta nyatanya masih sedikit yang mengetahui, meskipun sebenarnya publisitas artikel Ilmiah menjadi persyaratan wajib alumnus di perguruan tinggi. Di mana salah satu persyaratan kelulusan S1 sampai S3 ialah publisitas di Jurnal Ilmiah terakreditasi. Seperti yang diketahui khusus bagi Ph.D., diwajibkan di Jurnal Internasional yang bereputasi, misalnya Scopus. Lain hanya bagi program magister, di Jurnal Ilmiah Nasional yang diakreditasi oleh SINTA. Adapun hal yang mudah yakni S1 sebagai Jurnal Nasioanl yang ber-ISSN, biasanya hanya terindeks oleh Copernicus. Berikut cara mencari jurnal di Sinta, yakni:

1. Mencari Jurnal di Sinta
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mencari jurnal di Sinta, yakni:

- Pertama, dalam mencari jurnal di Sinta maka buka web Sinta pada https://sinta.kemdikbud.go.id/. Kemudian, menuju navigasi khusus (atas) ke sisi “Sumber” atau Source dan tekan “Jurnal”.
- Selanjutnya, cari jurnal pada kolom penelusuran jika sudah memiliki nama jurnal silakan langsung tulis nama jurnalnya dan tekan tombol mencari. Jika tidak, silahkan tap tombol “Penelusuran Kelanjutan”.
- Lalu, pada penelusuran ini kamu mampu mencari jurnal ilmiah sama sesuai sektor tugasmu. Terdapat sepuluh sektor pengelompokan yang dapat kamu tentukan pada sisi mata pelajaran ini, yaitu: Kesehatan, Sains, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni, Sosial, Pengajaran Agama, dan Permesinan.
- Jika telah diputuskan, silahkan tekan tombol “Mencari” selekasnya. Tunggu hingga kotak yang lain kosong, tidak ada apa-apa.
- Kemudian, tentukan hasil penelusuran ini guna memperoleh sasaran majalah Sinta yang akan kau cari, bisa 1, 2, 3, 4 atau yang lainnya.
- Contohnya jurnal pengajaran Sinta 4.
- Lalu, ketuk salah satunya nama jurnal guna mendapatkan info lebih detil dari jurnal tersebut. Dalam membuka jurnal yang kamu pilih awalnya, maka dapat tap tombol “Situs Situs” pada sisi bawah nama penerbit.

2. Mencari Jurnal Sinta di Web Arjuna
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mencari jurnal di Sinta, yakni:

- Pertama, kunjungi web Arjuna Ristekbrin di lama penelusuran https://arjuna.kemdikbud.go.id/.
- Kemudian, tekan guna menyaksikan daftar jurnal buku. Tulis nama jurnal pada penelusuran dan tekan enter. 
- Tekan di History Akreditasi guna melihat riwayat kesepakatan. 
- Kemudian, periksa masa aktif akreditasi. 
- Lalu, berikan kepercayaan kamu dalam memeriksa apabila jurnal itu bersertifikasi hingga saat ini.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya