Noda Hijau di Jersey Pemain Inggris, Benarkah Rumput Stadion Piala Dunia 2022 Dicat?

Sports | 06 December 2022, 19:13

"Dikenal sebagai Augusta trick. Apa itu?"

Noda Hijau di Jersey Pemain Inggris, Benarkah Rumput Stadion Piala Dunia 2022 Dicat?

Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, kembali dituduh menggunakan segala cara untuk membuat turnamen lancar. Salah satu yang baru disadari terjadi di babak 16 besar adalah penggunaan cat di lapangan. Itu agar tampak hijau dan segar.

Ketika timnas Inggris menjalani pertandingan babak 16 besar melawan Senegal, sejumlah pemain terlihat memakai jersey dengan noda  hijau. Luke Shaw, Jack Grealish, hingga Jude Bellingham terlihat ada hal aneh di seragamnya.

Muncul anggapan bahwa Qatar sengaja menggunakan cat pewarna hijau yang sengaja disemprotkan ke rumput agar membuat lapangan terlihat baru dan bagus. Pasalnya, teknik semacam ini biasanya digunakan di lapangan golf untuk membuat pitch tampak indah.

Dikenal sebagai Augusta trick, cara ini digunakan mereka yang menjaga lapangan golf di Augusta National, Georgia, Amerika Serikat (AS). Mereka menggunakan cat pada lapangan hijau selama turnamen US Masters agar terlihat sempurna. Bagi golf hal itu biasa, wajar dilakukan, dan sudah dilakukan turun-temurun.

Bagaimana dengan sepakbola? FIFA bersikeras Qatar tidak menggunakan cat untuk membuat lapangan terlihat hijau. Tapi, mereka memang mengaku cat hanya digunakan di area pemanasan pinggir lapangan.

Klaim dan pembelaan FIFA ternyata tidak sejalan dengan fakta di lapangan. Itu bisa dilihat dari pemain-pemain Inggris yang baru saja bertanding melawan Senegal. Dan, hal ini kemudian viral di media sosial dengan netizen menganggap Qatar berlebihan.

"Ada-ada saja," tulis salah satu pendukung The Three Lions di Twitter. Ada juga yang berkomentar: "Ini seperti rambut yang dicat ulang karena pemiliknya sudah tua". Berikutnya menulis: "Mereka ingin terlihat sempurna. Jadi, melakuka segala cara. Ini aneh. Bener-benar aneh".

Terlepas dari hal itu, The Three Lions kini harus fokus untuk menghadapi juara bertahan Prancis di perempat final pada akhir pekan nanti. Ini adalah pertandingan besar karena Les Bleus punya kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Mereka adalah juara dunia dengan bakat luar biasa dan pemain yang hebat. Mereka sangat sulit untuk dilawan dan mencetak gol. Jadi, ini adalah tantangan yang fantastis dan pertandingan yang harus dipersiapkan," ujar Gareth Southgate, dilansir BBC Sport.

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya