10 Cara Mencari Jurnal Internasional Online, Dijamin Lengkap

"Begini cara mencari jurnal internasional secara online terlengkap."

Life | 07 December 2022, 07:27
10 Cara Mencari Jurnal Internasional Online, Dijamin Lengkap

Jurnal adalah sebuah sumber ilmiah yang sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, khususnya yang menekuni bidang akademisi seperti dosen dan mahasiswa. Pada kesempatan kali ini Sahabat Daun akan memberikan ulasan seputar jurnal internasional dan cara mencari jurnal internasional secara online.

Pengertian dan Jenis Jurnal


Pengertian Jurnal
Apa itu jurnal?
Sebelum masuk ke pembahasan inti, sebaiknya kamu juga mengerti pengertian dari jurnal. Jurnal secara sederhana bisa dipahami sebagai sebuah karya tulis ilmiah. Jurnal ditulis dengan orientasi akademik.

Jurnal secara umum dikenal sebagai sebuah tulisan khusus yang membahas suatu hal tertentu, seperti membuat suatu artikel ilmiah pada sebuah bidang ilmu tertentu. Jurnal adalah tulisan yang dibuat oleh orang yang kompeten dalam bidangnya, lalu diterbitkan oleh sebuah instansi maupun lembaga. Artikel yang ditulis untuk jurnal biasanya akan direview oleh pakar di bidang studi tertentu sesuai dengan topik yang ditulis dalam artikel.

Pengertian jurnal tidak terbatas hanya pada laporan penelitian, namun bisa pula berupa review literatur. Artikel jurnal biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti, judul, abstrak, kata pengantar, kajian pustaka, metodologi, hasil analisis, diskusi, hingga implikasi hasil penelitian.

Jenis-Jenis Jurnal
Apa itu jurnal terdiri dari 6 jenis, yaitu jurnal penelitian, jurnal cetak, jurnal elektronik, jurnal nasional, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi. Berikut penjelasannya:

Jurnal Internasional adalah sebuah publikasi yang dibuat dalam bentuk artikel. Artinya, jumlah kata dalam karya ilmiah ini terbatas. Jika dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik, seperti skripsi, kedudukan jurnal lebih bergengsi.

  • Jurnal Cetak

Jurnal cetak adalah jurnal yang ditulis oleh seorang atau kumpulan peneliti dan lantas disebarluaskan melalui media cetak. Jurnal cetak saat ini kebanyakan telah digantikan oleh keberadaan jurnal online atau e-journal.

  • Jurnal Elektronik (Online)

Jurnal elektronik atau e-jurnal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah publikasi yang diterbitkan dalam bentuk digital yang akan ditampilkan di layar komputer. Kamu bisa menemukan jurnal online dengan menggunakan HP atau Komputer yang tersambung dengan komputer

  • Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah sebuah laporan peneliti tentang hasil penelitian yang telah ia lakukan secara ilmiah. Biasanya laporan jurnal penelitian dimasukkan dalam terbitan kumpulan jurnal bersama dengan laporan peneliti lainnya.

  • Jurnal Nasional

Menurut pasal 20 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, jurnal nasional adalah sarana penerbitan artikel bersifat nasional (publikasi ilmiah nasional), dan salah satu dari jenis karya ilmiah, yang menjadi petunjuk adanya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Jurnal Internasional

Jurnal internasional adalah jurnal yang naskah-naskahnya bersifat internasional. Oleh karena itu bahasa yang digunakan adalah bahasa internasional, yaitu bahasa PBB: Inggris, Prancis, Arab, Cina dan Rusia. Menulis di jurnal internasional berarti menyajikan hal-hal yang bersifat baru (novelty) kepada para ahli berkompetensi internasional.

  • Jurnal Internasional Bereputasi

urnal internasional bereputasi adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional dengan kriteria tambahan terindeks oleh database internasional. Indeksasi adalah sebuah proses untuk mendaftarkan suatu jurnal pada lembaga pengindeks bereputasi, lembaga pengindeks akan membantu jurnal yang bersangkutan mempromosikan jurnalnya kepada publik.


10 Cara Mencari Jurnal Internasional Online

Seperti yang telah di jelaskan di atas jurnal internasional adalah jurnal yang terbit dan mencakup skala internasional atau seluruh dunia. Artikel dalam jurnal internasional sering dijadikan bahan atau referensi dalam penyusunan tulisan akademik seperti artikel ilmiah, skripsi, atau laporan ilmiah lainnya. Dibandingkan dengan jurnal nasional, sumber-sumber dari jurnal internasional biasanya lebih banyak dan lengkap karena cakupannya yang lebih luas.

Kedudukan jurnal internasional lebih tinggi dibanding dengan jurnal lainnya, oleh karena itu jurnal internasional lebih banyak digunakan sebagai bahan referensi penyusuan tulisan ilmiah. Untuk bisa menemukan jurnal internasional secara online, terdapat beberapa situs yang bisa kamu kunjungi. Berikut adalah beberapa situs tersebut:

Google Scholar atau Google Cindekia
Google Scholar atau Google Cindekia merupakan layanan dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk mencari tulisan akademik dalam berbagai jenis teks mulai dari jurnal, buku, artikel, dan lain sebagainya. Melalui situs web ini, kita bisa mengunduh atau download jurnal internasional secara gratis.

Directory Open Access Journal (DOAJ)
Directory Open Access Journal (DOAJ) merupakan sebuah situs yang berisi direktori jurnal akses terbuka dan artikel ilmiah. Website ini diluncurkan pada tahun 2003. Sejak website ini diluncurkan, telah ada 11.000 majalah dari 127 negara dan lebih dari 4 juta artikel telah tersimpan di situs ini.

Bioscientia Medicina: Journal of Biomedicine and Translational Research
Bioscientia Medicina adalah jurnal internasional di bidang kedokteran dan kesehatan yang dipublikasi oleh HM Publisher. Jurnal ini dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan full text artikel, sehingga sangat cocok untuk mahasiswa guna mendapatkan sumber informasi yang ilmiah.

ResearchGate
ResearchGate merupakan platform media yang bisa digunakan para peniliti untuk berdiskusi. Platform ini banyak dikenal oleh mahasiswa untuk mencari jurnal internasional atau artikel ilmiah sebagai referensi. Namun, beberapa jurnal membutuhkan izin atau request ke penulisnya secara langsung agar dapat digunakan sebagai sebuah sumber.

Academia.edu
Situs Academia.edu ini pasti sudah tidak asing bagi mahasiswa. Selain menyediakan berbagai jurnal dan tulisan ilmiah untuk dibaca/diunduh sebagai referensi, Academia.edu juga menyediakan platform jejaring sosial untuk para penggunanya berdiskusi tentang penelitian yang telah dilakukan atau sekedar berdiskusi mengenai topik ilmiah.

Microsoft Academic
Microsoft Academic adalah mesin pencari web yang berfungsi untuk menelusuri literatur dan publikasi ilmiah secara gratis. Pada situs ini, terdapat menu Top Authors yang berisi penulis-penulis favorit di sebuah bidang tertentu. Selain Top Authors, terdapat juga Top Institutions, Top Journals, dan Top Conferences. Microsoft Academic juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Microsoft Academic ini dikembangkan oleh Microsoft Research.

ScienceDirect
Salah satu website jurnal internasional lainnya adalah ScienceDirect. Situs ini memuat lebih dari 12 juta konten dan lebih dari 30 juta buku elektronik dan konten dengan lebih dari 14 juta artikel open access atau terbuka.

Web of Science
Web of Science merupakan situs yang menyediakan berbagai tulisan ilmiah dengan sistem langganan. Situs ini mencakup semua disiplin ilmu dan wilayah.

ProQuest
Berbeda dengan situs lainnya yang hanya menyediakan layanan berbasis tulisan dan ruang diskusi, ProQuest menyediakan platform video dan audio untuk penggunanya. ProQuest juga menyediakan surat kabar elektronik, majalah, blog, bahkan podcast. Situs ProQuest tersedia dalam beberapa bahasa seperti Mandarin, Jepang, Korea, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, dan Portugis.

Cambridge Journal
Situs Cambridge Journal menyediakan jurnal internasional. Sama seperti situs lainnya, cara mengunduh jurnalnya tinggal mengetikkan di mesin pencari jadi sangat mudah untuk kita mendapatkan jurnal yang kita inginkan.

International Journal of Education & the Arts
Situs International Journal of Education & the Arts banyak memuat jurnal internasional yang pastinya cocok direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari jurnal internasional.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya